5 Manfaat Menambahkan Unsur Alami ke Dalam Desain Rumahmu

Sabtu, 21 Januari 2023 | 18:55
Pinterest

Ilustrasi rumah dengan unsur alami

IDEAonline - Banyak dari IDEA Lovers mungkin sudah tahu bagaimana tanaman adalah tambahan yang sangat bermanfaat di rumah.

Nyatanya, lebih dari tanaman, unsur-unsur berbau alam memang memiliki sangat banyak manfaat rumah kita.

Lebih dari yang mungkin sudah IDEA Lovers ketahui, berikut adalah berbagai alasan untuk menambahkan unsur alami ke dalam desain rumah kita!

Baca Juga: 5 Hal Penting Saat Mendekorasi dengan Cat Warna Hijau Sage

Meningkatkan Kesehatan Mental

Rata-rata orang menghabiskan lebih dari tujuh jam sehari di depan layar; bagi banyak orang, itu tidak dapat dihindari.

Kini, ada lebih banyak karir yang berbasis komputer, yang membanjiri hampir setiap bidang edukasi dan pekerjaan.

Bagi para pelajar atau pekerja yang lebih sering duduk menghadap ke layar, penting untuk terhubung kembali ke alam.

Dikelilingi oleh elemen alami membantu kita untuk beristirahat dan meremajakan diri di dunia yang penuh ketegangan mata dan tekanan mental.

Penelitian menunjukkan bahwa berada di sekitar tanaman, elemen alami, dan warna bumi membantu kita untuk tetap sadar sepanjang hari.

Jendela besar memungkinkan paparan cahaya yang lebih alami, yang mengatur ritme sirkadian dan mengurangi gejala kecemasan dan depresi.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa anak-anak dengan gangguan pemusatan perhatian (ADHD) mendapat manfaat dari berada di sekitar elemen alam, mengurangi gejala mereka.

Meningkatkan Kesehatan Fisik

Berbagai jenis penyakit kronis yang dialami banyak orang nyatanya dapat dicegah.

Dengan tingkat penyakit jantung dan diabetes tipe 2 yang terus meningkat, banyak individu berpenghasilan rendah, minoritas, dan mereka yang hidup dengan disabilitas berjuang untuk mencegah dan mengobati kondisi ini.

Berada dalam desain alami dapat membantu pemulihan dan pencegahan penyakit kronis dan jenis penyakit lainnya.

Unsur-unsur ini mengurangi detak jantung dan tekanan darah, mengendurkan otot, dan meningkatkan hasil pemulihan.

Itu semua berasal dari efek warna dan elemen alami yang menenangkan pada pikiran, mengurangi hormon stres yang dapat mengurangi gejala penyakit.

Tumbuhan tertentu dapat membantu membersihkan udara, meningkatkan oksigen yang diterima di rumah, sekolah, atau tempat kerja.

Paparan elemen alami adalah cara gratis untuk memperbaiki gejala penyakit.

Baca Juga: Agar Meja Dapur Minimalis Selalu Rapi, Perhatikan Barang Ini!

Mengurangi Emisi Karbon

Memasukkan alam ke dalam rumah adalah bagian dari desain biofilik, yang tidak hanya baik untuk kesehatan manusia dan lingkungan.

Saat kita menggunakan elemen alami dan berkelanjutan dalam rancangan kita, kita akan mengurangi emisi karbon dalam memproduksi dan membuang bahan artifisial dan sekali pakai, seperti batu bata, beton, dan plastik.

Hidup dengan alam dapat mendukung udara yang lebih bersih, melestarikan sumber daya alam, dan mengurangi perubahan iklim.

Terlihat Lebih Baik

Rumah modern dapat terlihat hambar tanpa sentuhan yang tepat, dan sedikit unsur alam dapat membuat setiap rumah menjadi lebih baik.

Nada bumi mengundang warna yang kontras dengan warna yang lebih tajam dan lebih bersih.

Warna-warna ini dapat menambah sirkulasi udara ke rumah dan berfungsi sebagai agen penghilang stres bagi siapa pun di dalamnya.

Menggunakan tanaman sebagai dekorasi memberikan semburat warna cerah, menciptakan ruang yang terasa hidup dan mengurangi kemonotonan ruangan mana pun.

Dengan semua opsi, desainer dapat bereksperimen dengan bentuk, ukuran, dan warna.

Bahan alami juga menambah tekstur unik pada rumah, menciptakan daya tarik visual dan pengalaman sensorik yang positif.

Furnitur kayu, batu, dan tanah liat atau karya seni dapat membuat rumah lebih menarik sekaligus tetap menjadi tempat yang tenang dan meremajakan.

Baca Juga: Keuntungan Menggunakan Blinds di Rumah Dibandingkan Gorden

Hemat Biaya

Sementara bahan alami dan berkelanjutan mungkin lebih mahal di muka, penghematan jangka panjang membuat pilihan ini lebih dari sepadan.

Cahaya alami dan jendela dapat sangat mengurangi biaya listrik dengan memberikan cahaya ke seluruh rumah tanpa menyalakan sumber pencahayaan buatan.

Dikombinasikan dengan jendela multi-panel, pemilik rumah dapat memperoleh manfaat dari cahaya alami tanpa mengorbankan daya pemanas, ventilasi, dan pendingin udara (HVAC).

Material dari bumi bersifat padat dan cenderung bertahan lebih baik daripada material buatan dari waktu ke waktu dengan perawatan yang tepat, yang menyebabkan lebih sedikit perbaikan dalam jangka panjang.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya