Mau Sewa Rumah Jangka Panjang? Pertimbangkan 7 Hal Ini!

Selasa, 24 Januari 2023 | 12:30
Investopedia

Ilustrasi rumah yang disewakan

IDEAonline - Apakah IDEA Lovers berencana untuk menyewa rumah untuk ditinggali jangka panjang?

Jika ya, maka pilihan rumah yang akan IDEA Lovers sewa tentunya sangat krusial.

Ada beberapa hal yang harus IDEA Lovers pikirkan dan pertimbangkan sebelum memilih rumah yang tepat untuk disewa.

Dilansir dari architectureartdesigns.com, berikut adalah pertimbangkan yang harus IDEA Lovers buat sebelum menentukan rumah untuk disewa jangka panjang.

Baca Juga: Terapkan Cara Kreatif Ini untuk Menghias Rumah dengan Jam!

Lokasi

Salah satu hal terpenting yang harus dipikirkan saat menyewa rumah jangka panjang adalah kedekatannya dengan tempat kerja, keluarga, dan teman kita, serta tempat lain yang penting bagi kita seperti sekolah atau toko bahan makanan.

Teliti area rumah secara menyeluruh sehingga kita tahu lingkungan seperti apa itu, termasuk tingkat kejahatan dan aksesibilitasnya.

Jadi, untuk menemukan apartemen di lokasi yang kita inginkan, pastikan untuk melakukan riset yang tepat.

Meskipun kita dapat dengan mudah mencari daftar yang ada secara online, kita mungkin juga ingin mengunjungi area tersebut secara langsung untuk merasakannya dengan lebih baik.

Anggaran

Anggaran kita mungkin merupakan faktor terpenting dalam memutuskan tempat seperti apa yang dapat kita sewa.

Teliti harga sewa di area tersebut dan pastikan bahwa kita memiliki cukup uang yang disimpan untuk menutupi tidak hanya uang sewanya, tetapi juga biaya terkait lainnya seperti parkir, asuransi, utilitas, dll.

Penting juga untuk mempertimbangkan berapa banyak uang tambahan yang akan kita keluarkan atau butuhkan setiap bulan jika ada yang tidak beres dengan properti atau jika biaya darurat muncul.

Untuk menganggarkan sewa jangka panjang, pastikan untuk memperhitungkan biaya tak terduga dan memiliki rencana keuangan untuk masa depan.

Baca Juga: Tips Mengisi Kamar Anak dengan Furnitur Sesuai Kepribadian

Persyaratan Sewa

Sebelum menandatangani perjanjian sewa apa pun, penting untuk membaca semua syarat dan ketentuannya secara menyeluruh.

Pastikan IDEA Lovers memahaminya dengan baik sehingga tidak ada kejutan di kemudian hari.

Hal-hal umum yang perlu dipertimbangkan termasuk kebijakan terkait hewan peliharaan, biaya keterlambatan, biaya masuk, dan deposit, serta perjanjian lisensi jika IDEA Lovers berencana menyewakan tempat itu atau menggunakannya untuk tujuan bisnis.

Selain itu, waspadai hak atau batasan khusus yang dimiliki pemilik terkait penggunaan propertinya.

Mengetahui apa yang diharapkan dari kedua belah pihak akan membantu memastikan bahwa tidak ada pihak yang mengalami masalah selama masa sewa.

Selain itu, pastikan untuk mengetahui jangka waktu sewa dan jika ada opsi untuk penghentian lebih awal.

Fasilitas

Saat menyewa rumah jangka panjang, penting untuk mempertimbangkan fasilitas seperti apa yang kita inginkan atau butuhkan untuk merasa nyaman.

Fitur seperti penyejuk udara, tempat parkir, fasilitas laundry, dan akses ke area komunitas dapat membuat perbedaan besar dan harus dipertimbangkan saat melihat properti potensial.

Selain itu, pikirkan berapa banyak ruang penyimpanan yang kita butuhkan dan apakah ada furnitur yang tersedia yang disertakan dengan properti tersebut.

Mengetahui fitur mana yang kita inginkan sebelumnya akan membantu mempersempit pilihan kita dan membuat kita lebih dekat untuk menemukan persewaan yang sempurna.

Baca Juga: Ini Alasan Cat Dinding Warna Hijau Sage Bisa Menenangkan Jiwa

Tanggung Jawab Pemeliharaan

Penting juga untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas jenis pemeliharaan apa di rumah.

Apakah ada perbaikan yang harus IDEA Lovers bayar atau ditanggung oleh pemilik?

Pastikan untuk memahami jika tanggung jawab ini menjadi tanggung jawab IDEA Lovers, pemilik, atau kedua belah pihak.

Beberapa pemilik properti bahkan mungkin menawarkan paket layanan yang mencakup perawatan rutin seperti perawatan pipa, pekerjaan kelistrikan, dan perbaikan peralatan.

Meskipun ini dapat menambah biaya sewa, ini dapat menghemat uang kita dalam jangka panjang jika ada masalah yang muncul.

Utilitas

Saat menyewa rumah jangka panjang, penting untuk mempertimbangkan layanan utilitas mana yang termasuk dalam sewa dan mana yang perlu diatur secara terpisah.

Utilitas umum meliputi air, listrik, gas, akses kabel/internet, pengambilan sampah, dan layanan daur ulang.

Cari tahu jenis paket pembayaran apa yang tersedia dan apakah ada diskon untuk kontrak jangka panjang.

Selain itu, tanyakan tentang biaya atau deposit tambahan yang mungkin diperlukan sebelum layanan disiapkan.

Jika memungkinkan, buat rencana pembayaran dengan perusahaan utilitas sehingga kita dapat membagi biaya layanan ini selama beberapa bulan.

Tentu saja, kita juga ingin mempertimbangkan biaya pendinginan rumah jika tidak termasuk dalam sewa.

Baca Juga: 3 Rekomendasi Harga Rumah Mulai Rp500 Juta di Bogor Tahun 2023

Asuransi

Selain mempertimbangkan fasilitas mana yang mungkin kita inginkan atau butuhkan, penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana kita akan melindungi properti dan barang-barang sewaan kita.

Asuransi penyewa adalah cara terbaik untuk memastikan bahwa kita terlindungi jika terjadi kecelakaan atau bencana.

Hubungi penyedia asuransi untuk informasi lebih lanjut tentang jenis pertanggungan yang tersedia serta penawaran dan tarif.

Dalam hal asuransi, penting untuk membaca aturannya dengan hati-hati dan memahami apa yang ditanggung dan apa yang tidak.

Kita juga harus mengajukan pertanyaan jika ragu atau khawatir.

Memiliki pemahaman yang baik tentang pertanggungan kita akan membantu kita memastikan bahwa semua barang kita terlindungi secara memadai jika terjadi insiden.

Cek berita seputar hunian dan inspirasi terkini di website www.ideaonline.co.id, Facebook IDEA Online, TikTok IDEAonline, Instagram @ideaonline, Instagram @tabloidrumah, dan Youtube IDEA RUMAH.

#Rumahminimalis #Berbagiidea #Berbagicerita #Bisadarirumah #Gridnetwork #Rumahtropis #ConsciousLivingIDEA #ConsciousLiving

(*)

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya