Incar TV Baru di Pekan Raya Jakarta, Coba Intip TV LG OLED evo C4

Jumat, 21 Juni 2024 | 12:50
Dok. LG Indonesia

TV LG OLED evo C4 dipamerkan di Pekan Raya Jakarta 2024.

IDEA-Online.com — LG Electronics Indonesia (LG) mengkonfirmasi bakal menampilkan TV OLED evo C4 pada ajang tahunan Pekan Raya Jakarta (PRJ) sepanjang 12 Juni sampai 14 Juli 2024.

Untuk diketahui, TV OLED evo C4 menjadi salah satu produk unggulan yang ditampilkan LG pada Consumer Electronics Show 2024 di PRJ 2024.

Product Director Home Entertainment of LG Electronics Indonesia Park Jae-il mengatakan, TV ini hadir dengan dukungan artificial intelligence (AI) untuk meningkatkan kualitas visual dan audionya.

“Peningkatan kualitas tersebut menjadikan TV ini magnet bagi pecinta film dan gaming. Dengan fitur lengkap, LG OLED evo C4 akan menjadi primadona sepanjang penyelenggaraan Pekan Raya Jakarta tahun ini,” ujar Jae-il dalam keterangan resmi, Jumat (21/6/2024).

Baca Juga: Rilis TV Premium 98QNED89, LG Paparkan Fitur hingga Siapkan Promo Spesial

Label evo sendiri merupakan tipe panel OLED LG yang menawarkan luminositas dan kecerahan lebih tinggi dengan detail lebih baik dibanding generasi panel sebelumnya.

Pada sisi desain, layar OLED evo hadir dengan bodi lebih ramping dengan tepian bingkai tipis, sehingga lebih mudah untuk ditempatkan di berbagai ruangan.

LG OLED evo C4 pun memiliki pilihan layar paling banyak di antara lini TV OLED LG tahun ini, mulai dari 83, 77,65, 55, dan 48 inci.

Ditambah lagi, TV ini mengandalkan proses pintar dengan dukungan AI terbaru bernama Prosesor AI α9 Gen7.

Head of Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia Vincent Martana Wenas mengatakan, prosesor tersebut mampu menghasilkan peningkatan performa AI hingga 1,5 kali lipat, peningkatan grafis 4,5 kali lipat, dan kecepatan processing 2,2 kali lipat.

“Peningkatan dukungan AI itu memberikan TV OLED evo C4 kemampuan menyajikan visual dan audio mengagumkan dengan opsi personalisasi lebih tinggi,” kata Vincent.

Dok. LG Indonesia

Baca Juga: TWS Baru LG Diklaim Punya Suara Lebih Jernih dan Tahan Digunakan Hingga 10 Jam

Ragam fitur dukungan yang canggih

Untuk menambah keunggulannya, LG OLED evo C4 hadir dengan beragam fitur dukungan. Salah satunya, AI Picture Pro. Fitur ini mampu melakukan proses gambar berbasis deep learning, sehingga tekstur dan detail gambar pada layar tampak lebih dramatis.

Selain itu, ada juga fitur Dynamic Tone Mapping Pro. Sesuai namanya, fitur ini memetakan gambar dengan membaginya dalam banyak blok. Kemudian, fitur akan mendeteksi area yang membutuhkan tingkat kecerahan berbeda secara real time.

Fitur lainnya yang tak kalah unik adalah Personalized Picture Wizard. Fitur ini memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi nuansa tampilan gambar dari beberapa opsi yang tersedia. Lalu, ada fitur AI Super Upscalling 4K yang berguna untuk meningkatkan kualitas gambar di bawah resolusi 4K.

Untuk mendukung performa visual yang optimal, LG juga menyematkan beragam fitur peningkatan kualitas audio. Salah satunya, AI Sound Pro berkanal 9.1.2 surround sound secara virtual dari speaker yang terintegrasi.

Di bagian lain, fitur Dynamic Sound Booster memberikan performa suara lebih bertenaga dan dinamis. Sementara itu, fitur Adaptive Sound Control bekerja menyesuaikan nuansa suara dengan kebutuhan sesuai genre visual yang sedang ditonton.

Baca Juga: Penggemar Fiilm Bersorak, Disney+ Hotstar Resmi Hadir Di Smart TV LG

Menariknya, pengguna juga bisa menambahkan tenaga pada dentum audio. Pasalnya, speaker ini dibuat dengan kelengkapan bracket khusus melalui WOWCAST Built-in LG Soundbar.

Sederhananya, WOWCAST Built-in memungkinkan LG SoundBar bisa terintegrasi ke TV dengan cepat dan lebih ringkas karena tak lagi memerlukan kabel. Pengguna bisa mengubah pengaturan LG Soundbar pada TV dengan mudah.

Tersedia juga fitur WOW Orchestra yang berfungsi untuk memproses audio dengan tepat, serta mampu menyesuaikan audio dengan visual dan menghasilkan nuansa suara tiga dimens atau 3D.

Bagi penggemar game, LG OLED evo C4 memiliki berbagai fasilitas yang mendukung spesifikasi game terkini, mulai dari G-Sync Compatible dan FreeSync Premium hingga Variable Refresh Rate yang mencapai 144 Hz.

Kemampuan refresh rate tersebut mampu mencegah tampilan gambar patah-patah, terutama pada saat bermain game dengan pergerakan visual yang cepat.

TV OLED ini juga sudah mendapat sertifikat Qualified Gaming Performance dari lembaga uji internasional Intertek. Sertifikat ini memverifikasi kemampuan response time yang kurang dari 0.1 ms, spektrum warna yang memenuhi lebih dari 90 persen Color Gamut Accuracy dari Adobe RGB, dan HGIG EOTF Accuracy yang melebihi 90 persen.

Baca Juga: Ini Dia Cara Menghitung Ketinggian Ideal TV di Ruang Keluarga

Untuk mendukung kemudahan pengguna dalam mengakses berbagai konten, LG OLED evo C4 sudah dibekali sistem operasi versi terbaru webOS.

Product Marketing Home Entertainment of LG Electronics Indonesia Kim Hyun-jin mengatakan, sistem operasi terbaru ini memungkinkan pengguna untuk membuat profil khusus yang dapat dipersonalisasi.

“Dari personalisasi tersebut, TV OLED terbaru ini akan memberikan rekomendasi (konten) berdasarkan pola penggunaan sebelumnya. Rekomendasi ini bakal menyesuaikan masing-masing profil pengguna yang tersimpan,” jelas Hyun-jin.

Kelengkapan Dynamic Q Card menambahkan kenyamanan dari tampilan utama antarmuka versi terbaru webOS ini. Menu yang ditampilkan juga beragam, seperti Home Office, Home Hub, Sports, dan Game.

Semakin lengkap, TV OLED evo C4 LG ini juga mendukung konektivitas dengan Apple Airplay dan Chromecast, sehingga pengguna bisa menampilkan konten dari ponsel ke layar TV.

Baca Juga: Jika Daya Listrik di Rumah Terbatas dan Ingin Hemat, Ini Kriteria Memilih AC Standar yang Cocok

Hal yang tak kalah menarik dari terapan webOS versi terbaru ini adalah fitur webOS Re:New program. Dengan fitur ini, pengguna dapat melakukan peningkatan webOS versi terbaru hingga lima tahun mendatang.

Bagi IDEALovers yang ingin memiliki TV OLED ini, LG menawarkan program pembelian spesial yang berlaku hanya sepanjang PRJ 2024.

Untuk setiap pembelian 1 unit TV OLED evo C4 ukuran layar 55 dan 65 inci, pembeli akan langsung mendapatkan 1 Unit TV LG kategori UHD dengan ukuran bentang layar yang sama.

Sementara soal harga, LG mematok seri LG OLED evo C4 dari bentang layar terkecil hingga paling besar dalam rentang harga mulai Rp 13 juta.

Anda dapat melihat keunggulan spesifikasi LG OLED evo C4 secara langsung dengan mengunjungi booth LG di PRJ yang terletak di Hall D2 JIEXPO Kemayaron.

Editor : Sheila Respati