Yuk Cari Tahu Kriteria AC yang Pas Untuk Setiap Ruangan di Rumah!

Selasa, 26 Juni 2018 | 18:00

Rumah Andien Aisyah | foto: Yannis Rudolf P

iDEAonline –Penggunaan AC di rumah kini sudah menjadi hal yang utama bagi masyarakat modern.

Apalagi, belakangan ini suhu udara semakin panas sehingga membuat fungi ac sebagai penyejuk ruang sangat dibutuhkan. Minimalnya, dalam satu rumah modern terdapat satu AC yang mereka tempatkan di kamar tidurnya.

Bahkan, bagi orang yang sudah ketergantungan dengan AC, piranti ini bisa memenuhi semua ruang di rumahnya. Dari mulai ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, ruang makan, hingga dapur.

dok. coolhome.gr

ruang tamu

Faktanya, banyak orang yang membeli AC tanpa memerhatikan jenisnya. Padahal, setiap ruang memiliki kebutuhan berbeda sehingga pilihan AC-nya pun tak sama.

Yuk Ciptakan Ruang Tidur dan Ruang Baca dengan Mudah! Ini Tipsnya

Konsumen biasanya hanya melihat harga, lalu merek. Nah, mulai saat ini, Anda harus mengubah kebiasaan ini. Karena beda ruang, beda jenis AC-nya. Ini untuk membuat AC lebih efektif dan menghemat tagihan biaya listrik di rumah Anda.

Untuk lebih jelasnya, berikut tips memilih AC yang tepat untuk setiap ruang di rumah.

1. Ruang Tamu

dok. franswaine.com

ruang tamu

Untuk ruang tamu sebaiknya menggunakan AC jeniscassette, mengingat posisi ruangnya di area depan dan dilihat banyak orang. AC jenis ini berbentuk persegi dan memiliki jangkauan yang luas.

Peletakannya di plafon, bukan di dinding, dan memiliki 4 arah angin, sehingga udaranya akan lebih merata. Untuk ruang tamu, PK-nya pun tak perlu besar-besar, cukup yang 1/2—1 PK. Untuk suhu, cukup di angka 24°C.

2. Ruang Keluarga

Sama dengan ruang tamu, ruang ini lebih cocok menggunakan AC jenis cassette. Letakkan AC di tengah ruang tepatnya di atas meja ruang keluarga.

Jika ruang keluarga Anda menyatu dengan ruang makan, Anda dapat meletakkan AC ini di antara kedua ruang.

Penggunaan PK untuk ruangan keluarga ini disarankan 1-2 PK. Untuk suhunya, bisa berada di angka 22°C—23°C (siang) dan 24°C—26°C (malam).

3. Kamar Tidur Utama

dok. writingpodcastonline.com

kamar tidur di loteng

Jenis AC yang tepat untuk kamar tidur adalah AC dengan model split. Desainnya yang ramping tidak akan “membebani” desain kamar tidur Anda.

Teknologi inverter mampu menghemat energi lebih banyak dibanding AC biasa. Ini dikarenakan pemakaian AC pada ruang tidur bisa non-stop, minimal 8 jam.

Yang perlu diperhatikan, jangan sampai hembusan AC langsung terkena tubuh karena akan membuat masalah pada tidur Anda, bahkan kesehatan. Pada kamar tidur utama, Anda bisa memilih AC 3/4—2 PK, tergantung luasan. Untuk suhunya, Anda bisa mengatur di suhu 23°C—24°C.

4. Kamar Tidur Anak

instagram.com/sabaidieter

Kamar Tidur Bjorka, Anak Ringgo Agus Rahman

Sama dengan kamar tidur utama, pilihan AC untuk kamar tidur anak adalah yang model split. Anda juga dapat memilih tambahan fitur sensor gerak di kamar Anak karena ruang ini juga dipakai tempat bermain.

Dengan fitur sensor gerak, saat anak sedang banyak beraktivitas, dingin AC akan menyesuaikan. Untuk kamar anak, Anda bisa gunakan AC yang 1/2—3/4 PK dan untuk suhunya, cukup di angka 25°C—26°C.

5. Dapur

Untuk dapur, Anda bisa gunakan jenis AC Floor Standing. AC ini dapat dipindah ke segala tempat sehingga hembusannya tidak langsung mengenai area memasak.

Selain itu, mudah dibersihkan karena AC di dapur rentan terkena debu dan secara perawatan waktunya lebih cepat dibanding AC pada ruang lain. Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan AC di dapur adalah Anda harus memasangexhaust.

Sudah sesuaikah jenis AC pada ruang di rumah iDEA Lovers? Yuk, dicek!

Penulis Winda Dewantary

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya