Mau Ciptakan Ruang Keluarga yang Nyaman? Simak 6 Prinsip Berikut Ini!

Minggu, 29 Juli 2018 | 17:00
Dok. Majalah IDEA

Ruang Keluarga

iDEAonline-Menciptakan ruang keluarga yang nyaman bagi setiap anggota keluarga memang bukan hal yang mudah. Penataan pada ruang keluarga tidak sama satu dengan yang lain. Ada beberapa pertimbangan yaitu selera dan kebutuhan tiap keluarga.

Kamu memang harus mengenali kebiasaan keluargamu IDEA Lovers. Lalu akomodasikan dalam sebuah ruang yang nyaman untuk semua.

Meski tidak sama, setidaknya ada prinsip umum yang diterapkan untuk menciptakan ruang keluarga yang nyaman.

Apa saja sih prinsip yang diterapkan untuk menciptakan ruang keluarga?

Baca juga:

Bersihkan Perangkat Komputer Secara Berkala dengan Cara Mudah Berikut

Ikuti 5 Langkah Jitu Membuat Wall Garden yang Harus Diperhatikan

Mengintip Gaya Arsitektur Tradisional Bhutan yang Murni Diciptakan dari Pemikiran serta Tak Boleh Dirancang Terlebih Dahulu

Serunya Punya Dapur Outdoor, Tapi ... Perhatikan Hal Berikut Ya!

Dok. Majalah IDEA

Ruang Keluarga

Letak atau Zoning

Kenyamanan menjadi kunci utama. Luas atau sempit lahan tiadk jadi soal. Penciptaan zona khusus untuk ruang keluarga perlu dilakukan. Kamu juga tidak perlu memberikan sekat pemisah. Penataan furnitur dan elemen lain bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

Akomodasi Kebutuhan

Setiap keluarga pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Kenali kebiasaan itu dan bentuklah ruang keluarga yang nyaman. Misalnya, anggota keluarga hobi baca buku, tambahkan rak atau wadah-wadah untuk menyimpan buku.

Terjadi Interaksi

Usahakan menata ruang keluarga tetap memperhatikan interaksi dan komunikasi. Pilih dan tata elemen di ruangan ini yang tidak membatasiadanya interaksi dan komunikasi.

Dok. Majalah IDEA

Ruang Keluarga

Jangan membatasi sikap

Ruang keluarga sejatinya memang untuk bersantai. Aturan yang kaku seperti jangan berisik atau jangan sampai ruangan kotor justru akan mengganggu. Jangan sampai kamu menggunakan karpet atau sofa putih yang membuat anggota keluargamu justru tidak nyaman. Gunakan juga furniture dengan elemen yang mudah dibersihkan.

Pilihan Material

Pilih material dengan bahan yang nyaman. Lantai kayu yang halus memberikan rasa yang lebih nyaman dibanding yang kasar. Keramik juga bisa digunakan untuk perawatan yang lebih mudah. Terutama jika anggota keluarga suka membawa makanan ke ruang keluarga. Jadi sebaiknya memang memilih material yang cocok dengan kebiasaan anggota keluarga.

Sirkulasi dan Pencahayaan

Kesegaran udara dan pencahayaan juga penting agar anggota keluarga tetap nyaman. Tata cahaya tidak hanya pada satu titik agar bisa menjadi penerangan bersama atau bisa juga menggunakan pencahayaan setempat jika dibutuhkan untuk aktivitas tertentu.

Sumber: Majalah IDEA 175

Teks:Johanna Erly Widyartanti

Foto: Ricard Salampessy

Editor : Bayu Dwi Mardana Kusuma

Baca Lainnya