Follow Us

Buruknya Sanitasi, India Buat Toilet dengan Teknik Percetakan 3D

iDea Online - Sabtu, 24 November 2018 | 20:40
Buruknya Sanitasi, India Buat Toilet dengan Teknik Percetakan 3D

IDEAonline - Dalam rangka memeringati World Toilet Day pada 19 November, SPARK Architects meluncurkan purwarupa toilet cetak 3 dimensi (3D), yang terbuat dari serat bambu dan resin.

Proyek bernama Big Arse Toilet ini bertujuan untuk meningkatkan sanitasi serta mengubah limbah menjadi energi di wilayah pedalaman India.

Baca Juga : Mabuk, Wanita Ini Menangis di Kamar Mandi Hingga Buat Keluarga Panggil Pertolongan, Alasannya Bikin Kasihan Sekaligus Tertawa

Tak hanya di wilayah India, model toilet cetak ini juga dapat diaplikasikan untuk memberikan kemudahan bagi komunitas di negara berkembang lainnya.

Selain itu, proyek ini juga menyoroti buruknya sanitasi di beberapa wilayah di India, serta mengampanyekan kebiasaan buang air secara sehat.

"Proyek ini dikembangkan untuk menyorot fakta bahwa tidak banyak yang dilakukan untuk menyediakan solusi bagi individu yang rentan mengalami dampak akibat keterbatasan akses ke sanitasi," ujar SPARK Architects.

Baca Juga : Sempat Merasakan Kehidupan Glamor Jakarta, Begini Tampilan Rumah Ken Ken Wiro Sableng yang Jauh dari Kata Mewah

"Proposal kami dapat membantu mencegah penyakit serta membantu masyarakat dalam menghilangkan hambatan yang dihadapi, terutama bagi perempuan di daerah pedalaman," imbuh firma tersebut.

Bangunan toilet berbentuk seperti cangkang dengan empat buah ruangan sanitasi di dalamnya.

Cangkang ini dibuat dengan teknik pencetakan 3D.

Editor : Amel

Baca Lainnya

Latest