Follow Us

8 Cara Menanam Kucai Mini, Tanaman Penutup Tanah Pengganti Rumput

Alfa - Selasa, 27 November 2018 | 09:00
Kebutuhan jumlah polybag setiap 1m2 tergantung dari kerapatan tanamnya.   Jika tidak mau menunggu hingga kucai mini tumbuh rapat setidaknya dibutuhkan sekitar 100—110 polybag.
TAN RAHARDIAN

Kebutuhan jumlah polybag setiap 1m2 tergantung dari kerapatan tanamnya. Jika tidak mau menunggu hingga kucai mini tumbuh rapat setidaknya dibutuhkan sekitar 100—110 polybag.

IDEAonline - Kucai mini (Carex morrowii) masih satu kelompok dengan rumput, yaitu merupakan tanaman penutup tanah (ground cover).

Mengapa disebut tanaman penutup tanah?

Sebab, tanaman kucai mini mampu melindungi tanah dari ancaman kerusakan oleh erosi dan memperbaiki sifat kimia dan fisik tanah.

Syaratnya, mempunyai sistem perakaran yang tidak mengganggu tanaman pokok, tumbuh cepat dan menghasilkan daun, toleran terhadap pemangkasan, juga memiliki ketinggian sekitar 4-5cm.

Baca Juga : Langkah Mudah Menanam Rumput Gajah Mini, Minim Perawatan

Tanaman penutup tanah berfungsi menutup dan melindungi permukaan tanah, menyerap air dan memasok oksigen sehingga ramah terhadap lingkungan.

Keuntungan lainnya, halaman rumah yang ditutupi tanaman penutup tanah, aman untuk tempat bersantai keluarga atau tempat bermain anak.

Tak hanya pertumbuhannya yang ”bandel” (tahan terhadap naungan maupun paparan sinar matahari langsung), kelebihan lain dari kucai mini adalah menanamnya juga cukup mudah.

Untuk menanamnya, kamu bisa melakukannya sendiri tanpa menggunakan jasa tukang.

Berikut beberapa langkah penanaman Kucai Mini.

Baca Juga : Tampil Mewah di Hamparan Rumput, Rumah Terbuat dari Material Bekas

Editor : Alfa

Latest