Follow Us

Masih Bingung Memilih Antara Membeli atau Menyewa Rumah? Cari Tahu yang Tepat di Sini!

Pipit - Jumat, 14 Desember 2018 | 09:15
Lebih baik membeli atau menyewa rumah?
dok. thebalancesmb.com

Lebih baik membeli atau menyewa rumah?

IDEAonline - Membeli rumah merupakan sebuah keputusan besar dan ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, sebelum mengambil langkah tersebut.

Termasuk di dalamnya mempertimbangkan untu menyewa rumah. Dikutip dari Apartmenttherapy, berikut beberapa hal yang dapat IDEA lovers pertimbangkan sebelum membeli rumah:

1. Sudahkah merasa nyaman?

Sudah jelas, bahwa yang menjadi perbedaan terbesar dalam membeli atau menyewa rumah terletak pada sejauh apa IDEA lovers akan tinggal di sana.

Dalam konteks ini, ada beberapa hal yang harus dipikirkan. Apakah Anda menyenangi pekerjaan Anda? Apakah dengan tinggal di sebuah rumah membuat Anda lebih stabil?

Ataukah, lingkungan sosial yang terdapat di sekitar hunian IDEA lovers, cukup membuat nyaman?

Bila jawaban untuk seluruh pertanyaan tersebut adalah ya, mungkin membeli rumah dapat menjadi pilihan tepat.

Namun, bila IDEA lovers merasa jengkel atau tidak menemukan keseimbangan hidup, mungkin sebaiknya Anda melihat alternatif lain.

2. Lihat kondisi finansial Kondisi keuangan yang stabil juga dapat menjadi pertimbangan sebelum membeli rumah.

Karena, hal tersebut dapat menjadi dasar penilaian apakah cicilan rumah IDEA lovers diterima atau tidak.

Ada empat komponen yang menjadi faktor penentu, apakah kredit rumah IDEA lovers disetujui atau tidak oleh perbankan, yaitu Anda harus memiliki penghasilan yang andal, nilai kredit yang layak, jumlah utang yang mudah diatur, serta beberapa tabungan.

Kendati masing-masing faktor memiliki persyaratan yang berbeda, secara umum yang menjadi pertimbangan pihak perbankan yaitu status kerja IDEA lovers sebagai karyawan minimal dua tahun, rasio utang yang sedikit, serta penghematan semaksimal mungkin.

Editor : Pipit

Baca Lainnya

Latest