Follow Us

Resor Mewah Maladewa Ini Mirip Kumbang Hitam, Ternyata Atapnya Ini...

Rebi - Sabtu, 12 Januari 2019 | 16:20
Kudadoo Maldives
New Atlas

Kudadoo Maldives

IDEAonline - Dari atas, Resor Pribadi Kudadoo Maldives terlihat seperti kumbang hitam mengkilap yang mengapung di laut yang tenang.

Terletak di salah satu pulau tropis kecil di Maladewa, bangunan utama resor mewah ini memiliki atap yang dibangun dari panel-panel surya yang disusun menjadi pola berjejak.

Perusahaan arsitektur New York City Yuji Yamazaki Architecture (YYA) mendesain resort tersebut sebagai liburan mewah yang ramah lingkungan di mana bangunan dapat menopang dirinya sendiri.

Di satu sisi pulau, sebuah lengkung bungalo laut membungkus pemandangan di sekitar pantai.

Di sisi lain adalah bangunan utama yang atap fotovoltaiknya menghasilkan energi yang cukup untuk memberi daya pada seluruh resor.

Kudadoo Maldives
New Atlas

Kudadoo Maldives

Baca Juga : Terbatas dengan Ruang, Inilah 8 Ide Furnitur untuk Rumah Kaum Milenial

YAA ingin menampilkan teknologi itu, alih-alih menutupi panel surya, mereka menempatkannya di depan dan tengah sebagai fitur desain yang membantu pengunjung memahami bagaimana daya resor.

"Sepintas, pengunjung dapat menilai ukuran atap matahari, dan kemudian memahami hubungannya dengan skala resor yang dilayani olehnya," jelas arsitek kepada Curbed.

Menurut para desainer, bentuk dan sudut bangunan secara eksplisit dirancang untuk menangkap sinar matahari dan menghasilkan jumlah energi maksimum.

Sementara itu, celah di antara deretan panel memungkinkan udara dan cahaya alami untuk menyaring, lebih lanjut mengurangi biaya listrik.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest