Follow Us

Redu House, Konsep Baru Membangun Rumah yang Bisa Hemat Hingga 40%

Sara Agustriana - Kamis, 21 Februari 2019 | 10:30
Redu house
Aditia Rianda

Redu house

IDEAonline - Bujet masih menjadi persoalan utama bagi kaum milenial untuk memiliki sebuah hunian. Berbagai solusi pun dicari untuk memenuhi kebutuhan pokok tersebut. Salah satunya dengan mengusung konsep baru, yakni Redu House. Konsep ini merupakan inisiasi Bekraf yang memilih Rahmat Indrani, arsitek dari biro SPOA untuk mengembangkan konsep desain hunian alternatif bagi para kaum milenial.

Baca Juga : Konsep Pernikahan di Kapal Pesiar Bocor, Yuanita Christiani Ceritakan Dirinya Sempat Menjomblo 6 Tahun Hingga Akhirnya Rajin BerdoaApa itu Redu House? Redu House merupakan konsep desain yang mereduksi semua elemen arsitektur mulai dari konstruksi sampai ke gaya hidup penghuninya. Dengan konsep ini, Rahmat mengklaim bahwa bujet untuk membangun rumah menjadi lebih hemat 40%. “Rumah ini hanya mengeluarkan bujet maksimal 3,5 juta per meter persegi. Kalau rumah konvensional kan bisa 5-6 juta ya per meternya. Jadi, bisa hemat 40%,” ungkap Rahmat. Baca Juga : Ini Tiga Caranya Menciptakan Kesan Luas di Apartemen 36 Meter Persegi

Angka ini tercipta bukan tanpa perhitungan yang jelas. Kita lihat dari sisi konstruksi, konsep Redu House itu lebih menekankan untuk menggunakan material dengan ukuran terkecil, misalnya baja dengan ukuran paling kecil di pasaran yakni dimensi 12 meter. Meski ukurannya kecil, ini tidak mempengaruhi kualitasnya.Dengan ukuran konstruksi baja tersebut, maka material lainnya pun akan mengikuti. Seperti lantai atas yang tidak dicor, melainkan hanya dengan kayu press.

Kamar anak
Aditia Rianda

Kamar anak

Konsep Redu House melarang penggunaan coran pada lantai atas karena mengingat konstruksi yang dipakai adalah baja dengan ukuran terkecil. Jika berupa coran berarti baja-nya harus yang berukuran besar dan berarti cost-nya harus besar juga. Ini yang membuat bujet pembangunan menjadi lebih hemat.

Baca Juga : Sekretaris hingga Jadi Selingkuhan Farhat Abbas, Intip Perubahan Drastis dari Regina, 'Gua Kira Anak SMA Mana'

Hal kedua yang ada dalam konsep Redu House adalah tinggi dari setiap bangunan yakni 2,4 meter. Rahmat mengatakan bahwa bangunan dengan tinggi 2,4 meter itu bisa dikerjakan dengan hanya satu tukang dalam waktu satu hari. Dengan tinggi bangunan 2,4 meter, dirasa Rahmat tidak hanya ideal dalam hal desain tetapi juga dalam hal biaya. Biaya dapat berkurang cukup besar karena setiap material ternyata memiliki ukuran yang pas dengan tinggi 2,4 meter.

Aditia Rianda

Baca Juga : Asli Indonesia, Kaesang Pangarep Malah Ngaku Sebagai Anak Blasteran, Ternyata Ini Alasannya!

Seperti material satu besi pelat utuh untuk tangga yang ternyata bila dipotong pas dengan tinggi 2,4 meter. Lalu, material kaca pada pintu depan dan belakang pun juga pas dengan ukuran material yang ada di pasaran. “Jadi, kita memikirkan agar setiap material yang digunakan itu pas, tidak ada yang sisa,” tambahnya.Baca Juga : Bosan Bikin Keributan dengan Gibran, Kaesang Pangarep Kini Lirik Bobby Nasution, Siap Saingi Bisnis Kopi Sang Mantu Presiden!

Yang tak boleh terlupakan, konsep Redu House juga sangat memungkinkan untuk menerima material-material recycle.Lantai atas, material kayunya adalah kayu jati belanda bekas. Penggunaan material daur ulang ini membuat harga setengah lebih murah ketimbang menggunakan material baru.

Aditia Rianda
Baca Juga : Tilik Masjid Terbesar di Jepang Milik Reino Barack yang Akan Jadi Venue Pernikahannya dengan Syahrini, Seluas 1477 M Persegi!

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest