Follow Us

Bisa Pakai Bambu Hingga Batu, Begini Trik Hias Taman dengan Pilihan Hardscape yang Lebih Murah!

Fatur Rohman - Kamis, 27 Juni 2019 | 13:00
hardscape
LOKASI JADUL VILLAGE RESORT N SPA, LEMBANG, BANDUNG/FOTO: IRFAN HIDAYAT

hardscape

Laporan Tabloid Rumah Edisi 323

IDEAonline - Putar otak Anda untuk mengkreasikan material yang sudah ada, ataupun material berharga relatif rendah, menjadi hardscape yang tak kalah indah dengan elemen taman lainnya.

Setelah menentukan elemen tanaman, yang harus Anda lakukan adalah memilih hardscape yang tepat bagi taman Anda.

Baca Juga: Tinggal di Dekat Tebing, Kakek Berumur 84 Tahun Ini Selamatkan Lebih dari 160 Jiwa yang Ingin Bunuh Diri di Sekitar Huniannya

Hardscape ini mencakup material penutup lahan selain tanaman, seperti batu alam dan jalan setapak; aksesori taman, seperti pot dan lampu taman; hingga elemen air, seperti kolam dan pancuran.

Namun, meskipun bentuk hardscape ini sering memikat mata, berhati-hatilah dalam memilihnya! Pasalnya, kesalahan pemilihan jenis dan jumlah material bagi hardscape bisa membuat biaya taman Anda membengkak.

Tak Harus Material Umum

Suwardi Hagani, pemilik Hagani Flora, mengungkapkan bahwa kreativitas diperlukan untuk menekan pengeluaran pembuatan taman.

“Anda tak harus memilih material yang awam digunakan sebagai hardscape taman, Anda bisa memakai material apapun sebagai penghias taman, kok!” ujar Suwardi menekankan.

Baca Juga: Layaknya Manusia, Taman Juga Butuh Dirawat, Inilah 4 Langkah Mudahnya

Ia memberi contoh, batu gravel—pecahan-pecahan batu yang menjadi dasar batu-batu taman standar—bisa digunakan sebagai salah satu elemen hardscape.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest