Follow Us

Dukung Gerakan Menuju 100 Smart City, Kominfo Juga Akan Meneruskan Pembangunan Sebanyak 5.000 BTS!

Maulina Kadiranti - Rabu, 13 November 2019 | 15:15
Gerakan Menuju 100 Smart City: Meneruskan Momentum Membangun Negeri
Sandy Mahendra

Gerakan Menuju 100 Smart City: Meneruskan Momentum Membangun Negeri

IDEAonline - Ada yang tau Gerakan Menuju 100 Smart City?

Gerakan ini adalah program Pemerintah Republik Indonesia yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Gerakan Menuju 100 Smart City telah membimbing 100 kota/kabupaten memiliki rencana induk (master plan) pembangunan berbasis inovasi dan teknologi.

Berbekal rencana induk ini, diharapkan 100 kota/kabupaten terpilih dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat sekaligus memanfaatkan potensi di daerahnya dengan cara yang cerdas dan inovatif.

Gerakan Menuju 100 Smart City sendiri adalah gerakan yang diinisiasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dan didukung oleh Departemen Dalam Negeri, Bappenas, Kementerian PUPR, Kantor Staf Kepresidenan, Departemen Keuangan, serta Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

Gerakan Menuju 100 Smart City: Meneruskan Momentum Membangun Negeri
Sandy Mahendra

Gerakan Menuju 100 Smart City: Meneruskan Momentum Membangun Negeri

Baca Juga: Gadaikan Rumah Mewah Demi Nikahi Mantan Istri Anang, Raul Lemos Juga Dikabarkan Berhutang untuk Adakan Resepsi Dua Kali

Gerakan Menuju 100 Smart City telah bergulir sejak tahun 2017.

Selama periode 2017-2019, pemerintah pusat memilih 100 kota/kabupaten untuk dibimbing membuat rencana induk berdasarkan tantangan sekaligus potensi di daerah masing-masing.

Setelah memiliki rencana induk smart city, 100 kota/kabupaten terpilih diharapkan dapat secara konsisten menjalankan program tersebut.

Selain untuk meningkatkan pelayanan masyarakat di daerah masing-masing, kota/kabupaten yang telah mengikuti Gerakan Menuju 100 Smart City diharapkan juga dapat menjadi referensi bagi pemerintah daerah lainnya.

Dalam sambutannya di acara Exhibition, Evaluation, & Presidential Lecture Gerakan Menuju 100 Smart City 2019, Johnny G. Plate, Menteri Telekomunikasi dan Informatika RI, menyebut komitmen pemerintah yang telah dilakukan untuk meningkatkan konektivitas telekomunikasi di Indonesia.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest