Follow Us

Kenapa Finishing Kayu Water Based Penting? Hati-hati Berhubungan dengan Kesehatan

Fatur Rohman - Kamis, 09 Januari 2020 | 14:00
Kenapa Finishing Kayu Water Based Penting? Hati-hati Berhubungan dengan Kesehatan
Foto: Dok. Venus

Kenapa Finishing Kayu Water Based Penting? Hati-hati Berhubungan dengan Kesehatan

IDEAonline- Bicara soal rumah, pasti tak lepas dari material pembangunnya. Layaknya mode, bahan bangunan pun memiliki jenis-jenis yang paling digemari.

Salah satu pertanyaan utama yang muncul ketika membangun rumah adalah: material apa yang akan digunakan? Pertanyaan ini diajukan mulai dari membangun fondasi hingga finishing.

Material ini tak hanya menentukan tampilan rumah, tetapi juga ketahanan dan kenyamanannya.

Ada beberapa jenis material yag banyak digunakan untuk bangunan rumah tinggal. Walaupun material ini sebenarnya bukanlah barang baru, inovasi desain dan kepraktisannya membuat material-material ini semakin banyak digunakan.

Finishing Kayu Water Based

Finishing kayu yang selama ini banyak dikenal antara lain cat, pelitur, dan melamik yang diencerkan dengan tiner (solvent based).

Namun, seiring dengan isu lingkungan yang beredar, produk yang berbahan dasar kimia tersebut mulai dikurangi penggunaannya dan diganti dengan finishing yang diencerkan dengan air (water based).

Selain ramah lingkungan, produk yang diformulasikan dengan bahan-bahan yang tidak mengandung logam berat ini juga aman bagi kesehatan.

Baca Juga: Air Tergenang dan Becek di Musim Hujan, Ini Solusi dan Pencegahannya

Orang yang tinggal di dalam ruangan dengan furnitur yang dilapisi finishing berbahan dasar air ini, tidak perlu khawatir dengan uap tiner yang berbahaya bagi kesehatan karena terhirup dan mengganggu saluran pernafasan.

Finishing berbahan dasar air ini juga semakin disukai karena banyak orang mulai menyukai tampilan kayu yang tidak mengilat dengan urat kayu yang menonjol, sehingga terlihat lebih alami.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest