Follow Us

Tips Sederhana Bagi yang Baru Memulai Kegiatan Berkebun selama PSBB Covid-19

Kontributor 01 - Jumat, 22 Mei 2020 | 11:38
Manfaatkan roof top untuk berkebun, salah satu cara mewujudkan urban farming di rumah tinggal.
Foto Arno Santosa

Manfaatkan roof top untuk berkebun, salah satu cara mewujudkan urban farming di rumah tinggal.

IDEAOnline-Berkebun menjadi kegiatan yang banyak dipilih orang saat ini untuk mengisi waktu luang selama #dirumahaja karena adanya penerapan PSBB selama Covid-19.

Manfaat berkebun sendiri memang sangat positif dari sekadar mengisi waktu luang, karena juga bisa menjadi sarana refreshing, mengurangi tingkat stres, menyehatkan tubuh karena sebagian proses dalam berkebun seseorang harus banyak bergerak melakukan ini dan itu saat menenam dan merawat.

Berkebun juga berguna bagi perkembangan mental seseorang karena melatih kesabaran, karena apa yang ditanam tidak akan instan langsung tumbuh, tetapi untuk menikmati hasilnya seseorang harus menunggu selama beberapa waktu tertentu.

Karenanya, jika saat ini kamu juga ingin melakukan kegiatan berkebun, diharapkan itu akan berlangsung terus, tidak berhenti di tengah jalan karena bosan atau sebab lain, sampai mendapatkan haslnya.

Baca Juga: Makan Sayuran dari Rumah Sendiri, Solusinya Berkebun Hidroponik

Cara sederhana berkebun di rumah.
organiclifestylemagazine

Cara sederhana berkebun di rumah.

Pegiat Indonesia Berkebun Winartania mengatakan, hal pertama yang harus diperhatikan adalah, mulai bercocok tanam dengan tanaman yang disukai diri sendiri dan orang lain.

Dengan demikian, kegiatan bercocok tanam menjadi lebih menarik dan hasil panennya bisa dijual kembali.

"Misalnya yang banyak yang dikonsumsi oleh warga di sekitar kita. Misalnya kita tahu nih di warga kita banyak yang suka bayam, kangkung dan itu kebetulan nanamanya juga enggak terlalu susah," kata Winartania dalam konferensi persnya di Graha BNPB, Jakarta, Senin (4/5/2020).

"Jadi nanti kita bisa tanam yang mudah dulu, terus nanti kalau kita sudah bisa panen berlebih kita bisa jual," sambung dia.

Kemudian, Winartania menyarankan agar warga yang memiliki keterbatasan lahan untuk menggunakan instalasi hidroponik dengan sistem tetes.

Source : Kompas.com

Editor : Maulina Kadiranti

Latest