IDEAOnline-Berkantor di rumah sudah menjadi fenomena tersendiri dalam kehidupan masyarakat modern.
Ingin punya banyak waktu untuk keluarga merupakan alasan sekaligus realita yang dihadapi oleh banyak kalangan di era modern.
Ditambah dukungan perkembangan di dunia digital yang memudahkan segala sesuatu dapat dilakukan tak peduli jarak dan waktu.
Apalagi saat ini, dengan adanya Pandemi Covid-19, pilihan untuk bekantor di rumah adalah solusi yang paling aman bagi banyak orang.
Beberapa alasan ini mendorong munculnya muncul konsep baru perkantoran yang dianggap sesuai dengan tuntutan kaum milenial, yaitu Work Office Home Office (WOHO).
Jauh sebelum mengenal WOHO (work Office Home Office), kita sudah berkenalan dengan yang disebut SOHO (Small Office Home Office).
Secara konsep bangunan keduanya sama bicara soal menyatukan fungsi rumah dan kantor dalam satu lokasi.
Baca Juga: Menaruh Meja Kerja di Kamar Tidur Bisa Saja! Ini Tips Menatanya
Latar belakang munculnya konsep ini pun ada persinggungan di antara keduanya.
Sama mengefektifkan aktifitas kerja di kantror dengan bertinggal di rumah bersama keluarga.
Yang sedikit berbeda adalah dalam hal kapasitas usaha dan besarnya ruang yang tersedia.
Menurut Denny Setiawan, arsitek pemilik Studio Denny Setiawan, konsep SOHO sesungguhnya adalah terjemahan dari compact lifestyle, di mana dalam sebuah ruang yang kecil, dapat memfasilitasi dua fungsi yaitu bermukim dan bekerja.
Biasanya SOHO ini dihadirkan di sebuah unit apartment/kamar di mana di dalamnya terfasilitasi tempat bekerja untuk hanya satu atau dua orang.
Berbeda dengan WOHO yang dengan segala aktivitasnya memberikan akses leluasa bagi lebih banyak pekerja yang bekerja di kantor.
Pun memberi kesempatan bagi pemilik rumah untuk tinggal secara bersamaan.
WOHO menjadi solusi bagi seseorang yang menginginkan kantor yang lengkap (fasilitas dan organisasi kantor) yang berada di rumah.
Hezby Ryandi desainer Delution Architech menambahkan, perbedaan keduanya ada pada tersedianya akses.
Baca Juga: Tagihan Listrik Naik selama WFH? Ini Dua Cara Cerdas untuk Menghemat
Pada WOHO, dapat memiliki 2 akses berbeda dan juga tidak terkoneksi antara area kerja dan area tempat tinggal sehingga tidak dapat saling mengawasi.
Akses antara area publik dan area privat ini dipisahkan.
Karena kantor memiliki jam kerja tertentu, sementara kegiatan penghuni rumah tidak bisa diatur jamnya.
Penghuni rumah yang yang lalu lalang tentu akan mengganggu konsentrasi kerja.
Sebaliknya, tamu-tamu kantor dapat mengganggu ketenangan penghuni rumah.
Dengan pemisahan akses maka privasi penghuni untuk WOHO pun lebih terjaga.
Baca Juga: Tetap Produktif selama WFH, Inilah 6 Inspirasi Ruang Kerja Nyaman
#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork
(*)