Follow Us

9 Perkakas atau Peralatan Rumah Tangga ini Wajib Anda Miliki

Akhmad Juanda - Sabtu, 20 Juni 2020 | 10:00
9 Perkakas atau Peralatan Rumah Tangga ini Wajib Anda Miliki

IDEAonline - Tidak semua orang menganggap pentingnya untuk memiliki perkakas atau peralatan rumah tangga ini. Padahal dengan memilikinya kita dapat berhemat dan lebih mudah melakukan banyak hal secara mandiri. Ada hal-hal yang bisa kita lakukan tanpa harus mengandalkan jasa tukang, seperti memasang hiasan di dinding, maupun sekadar mengganti paku yang lepas.

Ada banyak jenis perkakas rumah tangga, namun tidak semuanya harus Anda miliki. Dilansir dari Mitra10.com, berikut ini sembilan perkakas atau peralatan rumah tangga yang wajib Anda miliki.

1. PaluPalu atau biasa juga disebut martil, sering kali diperlukan ketika Anda baru saja pindah ke rumah baru. Selain fungsi utamanya untuk memasang paku pada dinding, palu juga bisa digunakan untuk mencungkil paku yang sudah tertanam di tembok. Terdapat banyak pilihan palu dengan berbagai jenis fungsinya. Beberapa di antaranya palu dengan gagang karet atau kayu.

2. ObengObeng terdiri dari berbagai jenis. Namun yang biasanya kita temui yaitu obeng kembang (+) dan pipih (-). Ukurannya pun bermacam-macam. Alat ini sangat diperlukan ketika akan membuka atau memperbaiki handel pintu sampai dengan peralatan alat-alat elektronik yang rusak, serta furniture rumah tangga.

3. TangFungsi tang pada umumnya adalah sebagai alat pemotong benda dengan material lebih keras seperti memotong kawat atau kabel listrik. Tang juga biasa digunakan untuk mencabut paku. Terdapat berbagai jenis tang yang mempunyai fungsinya berbeda-beda diantaranya adalah tang buaya, tang kombinasi, dan tang potong.

Baca Juga: Delapan Masalah pada Perlalatan Rumah Tangga Ini Bisa Diatasi dengan Garam

4. Kunci InggrisKunci inggris berfungsi untuk mengencangkan atau melonggarkan mur. Perkakas rumah tangga ini sangat multifungsi, dengan satu alat saja, pekerjaan mengencangkan atau membuka mur dapat dilakukan meskipun ukuran mur berbeda-beda. Cukup sesuaikan ukuran kunci pada mur saat digunakan.

Editor : Akhmad Juanda

Baca Lainnya

Latest