IDEAonline -Tagihan listrikyang membengkak menyebabkan PLN menjadi sorotan.
Tak sedikit warga yang mengeluhkan jika tagihan naik dengan tarif taik wajar.
Namun, baru-baru ini PLN akan melakukan trobosan baru demi menekantagihan listrikyang membengkak.
PT PLN (Persero) kembali melakukan pencatatan dan pemeriksaan stand meter ke rumah pelanggan pascabayar mulai bulan Juni ini.
Namun, bagi rumah pelanggan yang masih belum bisa dikunjungi, PLN kembali menyiapkan layanan melalui Whatsapp atau WA di nomor terpusat bagi pelanggan yang ingin melaoporkan angka stand dan foto kWh meter secara mandiri.
Dikutip dari keterangan resmi PLN, untuk pelaporan Juni, pengiriman foto dapat mulai dilakukan besok, Rabu (24/6/2020), hingga Sabtu (27/6/2020) besok.
Baca Juga: Agar Terhindar dari Dampak Buruk Pandemi-19, Perusahaan Elekronik Perlu Menerapkan 3 Kiat Ini
Baca Juga: Duh Ngerinya, Barang-barang di Rumah Ini Berpotensi Simpan Bakteri Sedemikian Banyak!
Pelaporan angka meteran listrik dapat dilakukan oleh pelanggan sesuai tanggal pencatatan meter masing-masing pelanggan yang akan diinformasikan pada awal proses lapor meteran listrik melalui WhatsApp.
Laporan dari pelanggan yang dikirimkan lewat WA tersebut nantinya akan menjadi dasar perhitungan tagihan listrik pelanggan setiap bulannya.
Berikut cara mengirimkan foto meteran listrik PLN via Whatsapp.
1. Hubungi PLN melalui WA di nomor 08122 123123
2. Ketik Halo
3. Ketik 2 untuk melakukan baca meteran sendiri
4. Baca informasi yang muncul
5. Masukan ID pelanggan
6. Jika ID pelanggan dan hari baca sudah sesuai, silahkan ketik angka stand kWh meter Ambil dan kirimkan foto kWh meter (angka stand harus terlihat jelas)
Baca Juga: Agar Terhindar Dari Kuman, Begini Cara Tepat Menggantung Tisu Toilet
7. Selesai. PLN akan melakukan verifikasi data yang telah dikirimkan pelanggan.
Jika pelanggan tidak dapat mengirimkan angka stand dan foto pada tanggal baca mandiri yang disediakan bagi pelanggan pada tanggal 24-27 Mei, maka angka stand yang akan digunakan adalah hasil dari baca petugas PLN.
Tetapi jika pelanggan tidak dapat mengirimkan foto angka stand meter ataupun tidak dapat didatangi oleh petugas PLN, maka pemakaian listrik akan diperhitungkan rata-rata 3 bulan terakhir.
Sebagai informasi, PLN menyatakan, salah satu alasan membengkaknya tagihan listrik adalah skema penghitungan rata-rata selama 3 bulan terakhir.
Pasalnya, dengan adanya perbedaan antara pencatatan rata-rata dengan angka yang tercantum dalam stand meter kWh, mengakibatkan kekurangan atau kelebihan bayar pelanggan.
#BerbagiIDEA #Berbagicerita #BisadariRumah #GridNetwork
(*)
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judulCegah Tagihan Bengkak, Mulai Besok Masyarakat Bisa Kirim Foto Meteran ke PLN