Follow Us

Hunian Bukan Sekedar Tempat Tinggal, Ternyata Maknanya 'Dalam Banget'

Fatur Rohman - Jumat, 28 Agustus 2020 | 09:00
Ilustrasi-Apartemen tanpa sekat, gunakan karpet sebagai penanda beda ruang.
Desainer Dsn Intervention

Ilustrasi-Apartemen tanpa sekat, gunakan karpet sebagai penanda beda ruang.

IDEAonline –Bagaimanapun, rumah adalah sesuatu yang teramat penting. Untuk membuktikan apakah sesuatu itu penting atau tidak, caranya mudah.

Cobalah “menghilang” dari sesuatu itu.

Dalam hal ini, buktikan dengan bepergian sementara waktu.

Bila kita merasa ada kerinduan untuk pulang ke rumah, dengan demikian rumah telah menjadi sesuatu yang penting.

Pernahkah kita dengan lebih seksama memikirkan bagaimana rumah “bekerja” untuk kita? Rumah menyediakan ruang untuk berinteraksi dan beraktivitas, seperti tidur, makan, mandi.

Oleh sebab itu terbentuklah ruang tidur, ruang makan, kamar mandi. Kebutuhan manusia dapat terpenuhi berkat ruang yang berfungsi dengan baik.

Baca Juga: Tinggal di Hunian Bak Istana dengan Dapur Mewah, Intip Isi Rumah Mantan Bidadari Sinetron yang Dinikahi Pengusaha Berondong

Baca Juga: Jatuh Cinta dengan Anak Petinggi Pertamina, Rumah Mewah Mantan Penyanyi Cilik Ini Jadi Sorotan Warganet, Selalu Dicap Sebagai Pasangan ‘Goals’

Karena merupakan faktor mendasar yang penting, maka tak ada salahnya bila sekarang kita pertimbangkan kembali hal-hal yang berkaitan dengan fungsi.

Fungsi adalah dasar pijakan seorang arsitek ketika membuat rumah. Pertimbangan pertama kali yang harus arsitek lakukan adalah bagaimana mendesain rumah yang fungsional.

Rumah rancangan arsitek
Dok. A. Djuhara

Rumah rancangan arsitek

Bayangkan bagaimana ruginya bila kita membayar jasa seorang arsitek yang merancang rumah indah dan cantik tapi tidak berfungsi optimal, dengan kata lain tidak bisa dipakai. Gejala ini menyiratkan kegagalan seorang arsitek.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest