Follow Us

Inilah Waktu yang Diperlukan Seseorang sampai Pulih Total setelah Sembuh dari Covid-19, Anak Muda Ada yang Butuh Beberapa Minggu

Kontributor 01 - Jumat, 14 Agustus 2020 | 07:00
Ilustrasi-Salah satu pasien sembuh dari corona dan keluar dari ruang Isolasi.
Tangkap layar Miaopai Video

Ilustrasi-Salah satu pasien sembuh dari corona dan keluar dari ruang Isolasi.

IDEAOnline-Satu dari empat orang muda yang terinfeksi virus corona SARS-CoV-2 tidak dapat kembali ke kesehatan normal dalam beberapa minggu setelah terinfeksi.

Hal ini berdasar studi terbaru yang dilakukan Center for Disease Control and Prevention (CDC).

Bahkan temuan itu menegaskan, orang muda tidak bisa mengabaikan risiko gangguan kesehatan parah yang diakibatkan Covid-19.

"Temuan ini menunjukkan bahwa pemulihan dari Covid-19 dapat berlangsung lama, bahkan pada orang dewasa muda tanpa kondisi medis kronis dan tidak memerlukan perawatan rumah sakit.Penyakit Covid-19 mengganggu aktivitas sehari-hari dan pekerjaan," menurut laporan yang dirilis CDC pada Jumat (24/7/2020).

Ada banyak penelitian yang fokus melihat perkembangan pasien Covid-19 yang dirawat di rumah sakit.

Sebab itu, peneliti CDC ingin mengukur bagaimana pemulihan pada pasien yang kondisinya tidak terlalu parah dan tidak dirawat di rumah sakit atau pasien rawat jalan.

Dilansir Live Science, Sabtu (25/7/2020), peneliti menganalisis informasi pada sekitar 300 orang dewasa AS berusian 18 tahun ke atas di 13 negara bagian yang dites Covid-19 dan tidak dirawat di rumah sakit.

Karena para peneliti ingin melihat bagaimana pemulihan mereka, ahli hanya mengamati orang-orang yang positif Covid-19.

Peserta yang positif Covid-19 itu kemudian ditindaklanjuti dengan wawancara, 2-3 minggu setelah melakukan tes untuk melihat bahaimana kondisi mereka.

Baca Juga: Pasien Sembuh Jangan Buru-buru Melakukan Aktivitas Normal karena Belum Tentu Kebal terhadap Covid-19, Ini Penjelasan WHO!

Ilustrasi pasien Covid-19
tribunnews

Ilustrasi pasien Covid-19

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest