Follow Us

Tips dan Trik Cara Mengatasi Septictank yang Penuh, Jangan Asal Urai

Fatur Rohman - Rabu, 26 Agustus 2020 | 14:00
Septic tank (ilustrasi)
Reed's Plumbing & Excavating

Septic tank (ilustrasi)

IDEAonline –Septictank adalah tempat pengolahan limbah manusia sebelum dibuang dan diresapkan ke dalam tanah.

Selain septictank konvensional, septictank biologis bisa digunakan sebagai alternatif lain agar proses penguraian limbah bisa cepat dan hasil pengolahan aman untuk dibuang ke lingkungan sekitarnya.

Masalah septictank yang kerap terjadi adalah saluran mampet atau tanki penuh. Bila sudah demikian septictank tidak bisa menguraikan limbah dengan baik.

Untuk mengatasi septictank yang penuh, sebenarnya IDEA lovers bisa memanggil jasa pengurasan septictank.

Baca Juga: Warna Taupe Bikin Tenang Pilihan Tepat untuk Kamar Tidur, Seperti Apa?

Baca Juga: Punya Suami Bos Ayam Geprek, Artis yang Kerap Tampil Sederhana Ini Tetap Lihai Saat di Dapur, Netizen Jadi Salah Fokus dengan Hal Ini!

Akan tetapi cara ini tergolong konvensional dan memerlukan dana yang tidak sedikit. Cara lain yang bisa IDEA lovers pilih adalah dengan menggunakan bahan pengurai yang berbentuk cairan.

Bahan ini efektif menguraikan limbah yang mengendap di dalam septictank. Sekarang sudah ada beberapa bahan pengurai yang dapat dijumpai di pasaran, seperti Septikur atau Roto Rooter.

Proses kerja penguraian/dekomposisi limbah septictank dengan bahan pengurai ini dibantu oleh mikroorganisme yang terkandung di dalam bahan tersebut.

Mikroorganisme ini tergolong anaerob yang bekerja tanpa memerlukan oksigen. Cara pemakaian Septikur—bila septictank belum terlalu penuh—adalah dengan menuangkan sebanyak 500 ml ke dalam kloset tanpa dicampur dengan bahan lain.

Setelah itu siram kloset dengan air supaya bahan pengurai bisa masuk ke dalam septictank.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest