Follow Us

Jangan Terbuai Ekspektasi, Karakter Seseorang Bisa Dilihat dari Dalam Rumahnya, Gimana Caranya?

Fatur Rohman - Rabu, 26 Agustus 2020 | 12:00
Ani – House di Jepang oleh Atelier Bow-Wow. Karakter yang kuat terlihat pada arsitekturnya.
istimewa

Ani – House di Jepang oleh Atelier Bow-Wow. Karakter yang kuat terlihat pada arsitekturnya.

IDEAonline –Pernahkah IDEA lovers membayangkan seperti apa sebenarnya karakter Anda? Kita ingin dilihat orang lain seperti yang kita mau. Namun kadang-kadang tak seperti itu adanya.

Maunya diingat orang lain sebagi seorang yang ramah, tapi bisa jadi orang lain tak sependapat, bahkan memandang IDEA lovers sombong.

Rumah kita adalah juga sebagian dari gambaran karakter kita. Seringkali kita mau orang lain melihat rumah kita dan memuji. Tapi yang ada, mereka sepertinya melihat sambil lalu saja.

Mengesalkan, bukan? Kalau kita telaah, bisa jadi hubungan kita dengan rumah kita dimulai dari dua keadaan: rumah yang kita beli sudah jadi, dan rumah yang kita tempati setelah melewati proses mendesain.

Baca Juga: Jadi Menantu Kesayangan Aburizal Bakrie, Nia Ramadhani Bongkar Rahasia Langgeng dari Ranjang Super Besar yang Jadi Andalannya!

Keduanya toh juga akan mempunyai andil memberi karakter kepada rumah kita dan kita sendiri, karena kita hidup di dalamnya dalam waktu yang relatif lama.

Setiap keputusan yang kita ambil akan berdampak tertentu pada rumah; baik cara menempatkan atau memakai barang.

Keputusan yang kemudian dilakukan berulang akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang menahun akan menjadi karakter. Karakter itu akan melekat kepada orang-orang yang hidup di rumah itu.

Arsitek Louis Sullivan menyatakan pertama kali “Form Follows Function”. Fungsi—bagaimana kita menggunakan ruang—akan membentuk wadah ruang dan juga bentuk arsitekturnya.

Arsitek yang lain menimpalinya dengan “Form Generates Function”. Bentuk juga bisa mengarahkan kita membentuk pola aktivitas tertentu.

Baca Juga: Smart Home di Seoul, Bisa Panggil Lift sampai Jemur Pakaian

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest