Follow Us

Mesin Cuci Bisa Menyebarkan Kuman, Yuk Cegah dengan Cara Ini

Kontributor 01 - Kamis, 27 Agustus 2020 | 14:00
Ilustrasi mesin cuci.
IG Aqua Japan

Ilustrasi mesin cuci.

IDEAOnline-Mesin cuci rumahan yang modern mungkin mampu membersihkan kotoran dan noda dari pakaian, namun ternyata kurang efektif dalam mengusir kuman.

Rendahnya kemampuan mesin cuci dalam menyingkirkan kuman itu terbukti dari sebuah kasus di rumah sakit di Jerman belum lama ini.

Kuman yang kebal terhadap antibiotik ditemukan dalam baju bayi di neonatal intensive care unit (NICU) di sebuah rumah sakit anak di Jerman.

Padahal, semua tindakan pencegahan sudah dilakukan untuk menghilangkan Klebsiella oxytoca, si kuman super itu.

Hasil investigasi menemukan, penyebab kuman itu ada di ruang binatu rumah sakit.

Setelah diselidiki lebih lanjut, ternyata di rumah sakit itu memakai mesin cuci standar konsumen bukannya mesin cuci industrial dengan suhu tinggi yang biasa dipakai rumah sakit.

Hasil penemuan itu menimbulkan pertanyaan, jika sumber masalahnya adalah mesin cuci konsumen yang biasa dipakai rumah tangga, maka perlukah kita khawatir dengan keamanan mesin cuci di rumah?

Menurut pakar keamanan kesehatan Dr.Amesh Adalja, mesin cuci itu ada di rumah sakit sehingga terpapar bakteri yang memang hidup di lingkungan rumah sakit.

"Bakteri ini resisten dan bisa menyebabkan infeksi berat, tetapi butuh inang yang rentan. Banyak orang yang terpapar bakteri kebal obat, bahkan membentuk koloni, misalnya saja tenaga medis, tapi tetap baik-baik saja," kata Adalja, peneliti di Johns Hopkins Center for Health Security.

Baca Juga: Waduh, 3 Elektronik Ini Bisa Jadi Sumber Penyakit, Kepoin Produk Berfitur Higienitas untuk Lindungi Keluarga

Ilustrasi mencuci dengan mesin cuci.
spreipercabandung.blogspot.com

Ilustrasi mencuci dengan mesin cuci.

Halaman Selanjutnya

Suhu pencucian
1 2 3

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest