Follow Us

Media Tanam Paling Ideal dan Cara Merawat Pohon Cemara, Mudah Banget!

Fatur Rohman - Jumat, 14 Juli 2023 | 14:35
media tanam dan cawa merawat cemara
Dezafro Florist/Bukalapak

media tanam dan cawa merawat cemara

IDEAonline –Bagaimana menanam cemara yang benar agar bisa tumbuh tanpa mengalami gangguan psikologis dan fisik?

Cemara pada umumnya adalah tanaman yang hidup di daerah tinggi. Namun, ada beberapa jenis cemara di Indonesia yang dapat bertahan hidup di cuaca panas.

Keunggulan cemara adalah bisa ditanam di pot maupun langsung di tanah. Masing-masing memiliki caranya sendiri. Cara mana yang akan Anda pilih, sesuaikan dengan fungsi, penempatan, dan ukuran pohon cemara.

Ditanam di Pot

Dilansir dari Tabloid RUMAH edisi 75, Ada beberapa keuntungan menanam tanaman dalam pot. Jika bosan, posisi tanaman bisa Anda pindah-pindahkan.

Untuk cemara, bila Anda ingin menanamnya dalam pot, perhatikan dulu ukuran pohonnya. Sebaiknya ukurannya jangan terlalu besar dengan ketinggian tidak lebih dari 2 m.

Baca Juga: Bantu Kelola Kadar Gula bahkan Kadar Kolesterol, Terungkap Tanaman Ajaib yang Dihubungkan dengan Penyakit yang Merenggut Alm Ani Yudhoyono, Mujarab!

Baca Juga: Bantu Kelola Kadar Gula bahkan Kadar Kolesterol, Terungkap Tanaman Ajaib yang Dihubungkan dengan Penyakit yang Merenggut Alm Ani Yudhoyono, Mujarab!

Ketika Anda membeli cemara, biasanya tanaman ini dikemas dalam wadah, entah berupa tong atau pot tanah liat.

Bila Anda mempunyai keinginan untuk memindahkannya ke wadah lain maka Anda harus menyiapkan media tanah di wadah baru.

Menurut beberapa pedagang di sentra tanaman hias Srengseng, Jakarta Barat, media tanam yang bagus untuk cemara adalah campuran tanah dengan sekam. Hal ini berfungsi untuk mengurangi keliatan tanah sehingga tanah tidak terlalu banyak menyerap air.

Selain sekam, tanah juga bisa dicampur pasir dengan perbandingan 2:1. Jangan lupa untuk menambahkan pupuk organic ke dalam campuran.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular