Follow Us

Ilmuwan Temukan 5 Gen Kunci yang Berhubungan dengan Kondisi Covid-19 Paling Parah

Kontributor 01 - Selasa, 15 Desember 2020 | 13:30
Ilustrasi perawatan pasien civid-19.
tribunnews

Ilustrasi perawatan pasien civid-19.

IDEAOnline-Para ilmuwan Inggris akhirnya menemukan lima gen kunci yang berhubungan dengan kondisi Covid-19 paling parah.

Tak hanya itu, penelitian ini pun menunjukkan beberapa obat yang dapat digunakan kembali untuk mengobati pasien Covid-19 yang berisiko sakit kritis.

Para peneliti yang mempelajari DNA dari 2.700 pasien Covid-19 di 208 unit perawatan intensif di seluruh Inggris menemukan bahwa ada lima gen yang terlibat dalam dua proses molekuler atau kekebalan antivirus dan peradangan paru.

Kelimanya merupakan kunci yang memicu kasus Covid-19 parah.

Dilansir Reuters, Jumat (11/12/2020), kelima gen itu bernama IFNAR2, TYK2, OAS1, DPP9, dan CCR2.

Salah satu pemimpin riset, Kenneth Baillie mengatakan, keberadaan kelima gen inilah yang akhirnya menjelaskan kenapa ada orang yang terinfeksi Covid-19 hingga sakit parah dan ada yang tidak.

"Penelitian kami pun segera menyoroti obat apa yang harus ada di daftar teratas untuk pengujian klinis," kata Baillie yang juga seorang konsultan akademis dalam pengobatan perawatan kritis dari Universitas Edinburgh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nature ini akan membantu para ilmuwan mempercepat pencarian obat potensial untuk Covid-19 dengan melakukan uji klinis obat yang menargetkan jalur antiviral dan anti-inflamasi.