Follow Us

Kebersihan Jadi Pioritas, Robot Otonom yang Dilengkapi Sinar UV-C Ini Bisa Membantu Manusia Melakukan Disinfeksi Area

Johanna Erly Widyartanti - Sabtu, 19 Desember 2020 | 17:00
Robot otonom dapat melakukan disinfeksi area restoran.

Robot otonom dapat melakukan disinfeksi area restoran.

IDEAOnline-Dirancang sebagai sebuah robot otonom, tugas utama robot ini adalah melakukan disinfeksi area dengan memanfaatkan sinar ultraviolet C atau UV-C.

Robot pintar yang bisa membantu manusia ini bakal diperkenalkan di ajang Consumer Electronics Show 2021 (CES 2021) yang berlangsung awal tahun nanti.

Rancangan otonom dikatakan membuat robot ini akan dapat bergerak dengan mudah di sekitar meja, kursi dan furnitur lainnya. Penyinaran dilakukan pada permukaan ruangan yang sering disentuh dalam 15 hingga 30 menit dengan kebutuhan pengisian baterai satu kali.

“Robot UV otonom ini hadir pada saat kebersihan menjadi prioritas tertinggi, khususnya bagi tamu hotel, pelajar atau pelanggan restoran,” ujar Roh Kyu-chan, kepala divisi bisnis robot pada LG Business Solutions Company. Menurutnya, robot ini akan bertugas untuk mendisinfeksi pada area dengan tingkat sentuhan dan lalu lintas tinggi.

Baca Juga: Bekerja di Masa Persiapan New Normal, Teknologi Ini Dibutuhkan Perusahaan untuk Menyiapkan Kondisi Ruang Kantor yang Sehat

Robot otonom dengan sinar UV C bisa mendisinfeksi area (LG)

Robot otonom dengan sinar UV C bisa mendisinfeksi area (LG)

Dirancang agar mudah dioperasikan, robot LG ini dapat diintegrasikan ke dalam rutinitas pembersihan yang telah ditetapkan tanpa memerlukan pelatihan staf yang ekstensif atau spesialis untuk mengoperasikannya.

Staf akan dapat memantau kemajuan melalui pembaruan jarak jauh dari perangkat smartphone atau tablet.

Dalam beroperasi, paparan sinar UV kepada karyawan akan diminimalkan melalui kunci pengaman built-in yang diaktifkan sensor deteksi gerak manusia.

“Pada ekosistem yang bergerak dengan mengurangi tingkat sentuhan, kita mengharapkan tingkat kebersihan lebih tinggi. Melalui robot ini, LG berkomitmen memanfaatkan keahliannya yang beragam dalam robotika, kecerdasan buatan, dan pengendalian otonom untuk mengembangkan solusi kreatif guna mengatasi tantangan masa depan,” ujar Roh Kyu-chan.

Nah, Idea Lovers, di saat pandemi dan kenormalan baru, faktor kebersihan menjadi tuntutan utama.

Hadirnya robot ini bisa sangat membantu pekerjaan kamu untuk mendisinfeksi area sehingga setiap saat bebas dari virus dan penyakit berbahaya.

Baca Juga: Tips Hilangkan Bau Apek pada Pakaian karena Tersimpan Lama di Lemari

#BerbagiIDEA

Editor : Maulina Kadiranti

Latest