Follow Us

Taruh Barang di Atas Kulkas Bikin Boros dan Picu Kebakaran, Kok Bisa?

Johanna Erly Widyartanti - Kamis, 04 Februari 2021 | 16:35
Ilustrasi-Peletakan kulkas yang salah dan menaruh barang di atas kulkas, picu masalah.
tribunnews

Ilustrasi-Peletakan kulkas yang salah dan menaruh barang di atas kulkas, picu masalah.

IDEAOnline-Kulkas, peranti rumah tangga yang berperan sebagai penyimpan bahan makanan agar tetap sehat dan segar, tak jarang juga digunakan sebagai penyimpan barang-barang lain di bagian atasnya.

Keterbatasan tempat penyimpanan di dapur, atau keinginan untuk memanfaatkan “ruang” kosong, menjadi alasan beberapa orang meletakkan atau menyimpan barang-barang di atas kulkas.

Namun sebenarnya, ini bukan ide yang disaranankan.

Karenanya, beberapa produsen kulkas telah menyertakan petunjuk pemakaian pada produknya, terkait peletakan kulkas yang benar plus larangan menempatkan barang di atas kulkas (permukaan datar yang ada di atas kulkas).

Apa alasannya?

Menjawab IdeaOnline, Darma Effendy – Refrigerator Product Strategy Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, menjelaskan, di dalam buku panduan pemakaian kulkas yang dikeluarkan perusahaannya, meletakkan kulkas yang benar adalah dengan memberikan jarak anatara 5—10 cm, (tidak hanya) di bagian atas, tapi juga di belakang, kiri, dan kanan kulkas.

Darma mengatakan, pemberian jarak di bagian atas, belakang, kiri, dan kanan kulkas ini berfungsi untuk pertukaran udara panas yang dihasilkan oleh kompresor.

Meletakkan barang-barang di atas kulkas, di belakang, dan samping kiri dan kanan, bisa menutup pertukaran udara panas ini.

“Tidak disarankan menghalangi proses pertukaran udara tersebut agar tidak mengganggu kinerja kulkas, agar kulkas dapat beroperasi dengan optimal dan dengan daya yang efisien,” tambahnya.

Baca Juga: Begini Cara Benar Simpan Makanan Mentah maupun Matang di Kulkas

Ilustrasi-Ilustrasi kulkas.
kompas.com

Ilustrasi-Ilustrasi kulkas.

Editor : Maulina Kadiranti

Latest