Follow Us

Gempa Kembali Guncang Jepang, Ahli Jelaskan Kekuatannya Bahkan Membuat Orang Tak Bisa Berdiri atau Merangkak

IDEAonline - Minggu, 14 Februari 2021 | 19:21
Gempa bumi berkekuatan 7 SR melanda Fukushima Jepang pada Sabtu (13/2/2021) pukul 23.08 waktu Jepang.
Kyodo News/Hironori Asakawa/AP Photo via Kompas.com

Gempa bumi berkekuatan 7 SR melanda Fukushima Jepang pada Sabtu (13/2/2021) pukul 23.08 waktu Jepang.

IDEAonline - Negara Jepang tepatnya di prefektur Fukushima diguncang gempa kuat pada Sabtu 13 Februari 2021 malam kemarin.

Dari laporan otoritas setempat, gempa di Jepang ini tercatat berkekuatan 7,1 magnitudo dengan kedalaman 60 kilometer dari lepas pantai prefektur Fukushima, sekira pukul 23.08 waktu setempat.

Melansir dari media lokal setempat, Kyodo News, Badan Metorologi Jepang menyatakan bahwa gempa yang terjadi pada Sabtu kemarin malam sebagai gempa susulan dari gempa 10 tahun lalu.

Kala itu, Jepang diguncang gempa bumi kuat berskala 9,0 magnitudo pada 11 Maret 2011 silam, tercatat 7 skala tertinggi dan memicu terjadinya tsunami.

Ini kemudian menyebabkan kerusakan inti di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi.

Baca Juga: Dikabarkan Tinggal Sendirian di Kontrakan Sempit, Kini Nadya Mustika Justru Pamer Fakta Dirinya Sedang Hamil Besar, Dikit Lagi Launching!

Baca Juga: Selalu Bersihkan Dulu Permukaan Toilet dan Gunakan Masker, Begini Cara Agar Tak Tertular dengan Pasien Covid-19 yang Isoman

Gempa dengan intensitas 6 dan 7 ke atas didefinisikan oleh badan sebagai membuat "tidak mungkin (bagi manusia) untuk tetap berdiri atau bergerak tanpa merangkak" dan orang-orang bahkan mungkin "terlempar ke udara."

Seorang profesor di Institut Penelitian Gempa Universitas Tokyo, Kenji Satake mengatakan, gempa pada Sabtu malam itu tidak mengherankan jika disebut gempa susulan.

"Karena (gempa tahun 2011) adalah gempa yang sangat besar dengan kekuatan 9.0, tidak mengherankan jika terjadi gempa susulan dengan skala ini 10 tahun kemudian," kata Kenji Satake, dikutip dari Kyodo News.

Baca Juga: Bisa Suburkan Tanaman, Terkuak Kegunaan Ampas Teh untuk Kebutuhan Rumah!

Baca Juga: Gempa Berkekuatan 7,3 SR Terjadi di Jepang, Lokasinya Tak Jauh dari Peringatan Tsunami 10 Tahun Lalu

Source : Tribunnews.com

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest