Follow Us

Cara Selamatkan Tanaman Indoor yang Busuk Akar, Jangan Langsung Buang!

Kontributor 01 - Rabu, 24 Februari 2021 | 09:30
Ilustrasi tanaman dalam ruang atau indoor plant.
architexturaldigest

Ilustrasi tanaman dalam ruang atau indoor plant.

IDEAOnline-Menempatkan dan merawat tanaman hias di dalam ruangan atau tanaman hias indoor bukan berarti tanaman tersebut akan bebas penyakit.

Hal yang tidak disadari bahkan bisa membuat tanaman hias di dalam ruangan mati.

Salah satunya adalah kebusukan akar tanaman atau root rot, yakni ketika warna akar berubah menjadi gelap dan lembek, karena terlalu banyak air.

Busuk akar biasanya terjadi jika tanaman disiram air tanpa drainase yang baik.

Tanah kadang-kadang bisa menjadi padat, yang menghentikannya untuk mengeringkan dengan benar dan dapat membuat akar tanaman kelaparan, menyebabkan busuk akar.

Tanaman hias dengan akar busuk mungkin tampak seperti sesuatu yang terlalu sulit untuk ditangani, tetapi sebenarnya tidak terlalu sulit, dan kamu mungkin sudah memiliki apa yang kamu butuhkan di rumah.

Dilansir dari Nine News, Sabtu (13/2/2021), sebelum kamu membuang tanaman yang akarnya busuk, ambil sebotol hidrogen peroksida.

Baca Juga: Solusi Lahan Sempit, Inilah 3 Cara Ciptakan Taman Kering Bebas Masalah

Ilustrasi tanaman dalam ruang.
Adeline Krisanti/IDEA

Ilustrasi tanaman dalam ruang.

Bahan kimia ini bisa bekerja secara ajaib pada tanaman yang sakit.

Cara kerjanya adalah bahan kimia dalam hidrogen peroksida membunuh bakteri penyebab busuk akar pada tanaman dan terurai ke dalam tanah untuk melepaskan oksigen ekstra untuk mendorong pertumbuhan akar baru yang sehat.

Namun, kamu perlu mencairkannya terlebih dahulu. Campurkan satu bagian dari 3 persen hidrogen peroksida ke dalam dua bagian air, kamu dapat melakukannya di kaleng penyiram atau botol semprot.

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Latest