Follow Us

Meminimalisasi Efek Samping Vaksinasi Covid-19, Kondisi Ini Harus Dipenuhi Lansia

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 17 Maret 2021 | 11:00
Ilustrasi vaksinasi covid-19 untuk lansia.
covid-19.go.id

Ilustrasi vaksinasi covid-19 untuk lansia.

IDEAOnline-Efek samping penerimaan vaksinasi Covid-19 bisa dialami siapa saja, termasuk lansia.

Untuk meminimalisasi efek samping vaksin covid-19 bagi lansia, beberapa kondisi dan persiapan perlu dilakukan oleh lansia.

Seperti diketahui, vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Indonesia, telah dimulai dengan menyasar pekerja publik dan kelompok lanjut usia (lansia).

Target vaksinasi tahap kedua ini diharapkan dapat menyasar 38.513.446 orang dan diperkirakan akan selesai pada Mei 2021 mendatang.

Vaksinasi Covid-19 pada lansia berusia di atas 60 tahun juga telah dimulai dengan aturan dan skrining yang diharapkan tidak memberikan efek samping buruk bagi kelompok rentan ini.

Lantas, seperti apa efek samping vaksinasi Covid-19 pada lansia?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Priyama Hendra Gunawan, Sp.PD mengatakan sebelum pelaksanaan vaksinasi tahap kedua di Indonesia untuk kelompok lansia, dilakukan skrining ketat kondisi kesehatan lansia sesuai aturan yang disampaikan Kementerian Kesehatan.

"Pedoman dari Kementerian Kesehatan dan perhimpunan dokter spesialis penyakit dalam telah menganjurkan penggunaan kuesioner rapuh untuk skrining vaksinasi pada lansia," kata dr Hendra yang dirilis Kompas.com, Rabu (24/2/2021).

Baca Juga: Ini Alasan Medis Mengapa Vaksin Covid-19 Disuntikkan di Bahu

Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk lansia.
Kompas.com

Ilustrasi vaksin Covid-19 untuk lansia.

Terkait efek samping pascavaksinasi, dr Hendra menjelaskan berdasarkan studi yang diterbitkan tahun ini, efek samping vaksinasi terbagi menjadi dua, yakni efek samping lokal dan efek sistemik.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest