Follow Us

Pipa Buangan yang Tepat Kunci Atasi Masalah Klise Sanitasi di Rumah

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 23 Maret 2021 | 12:45
Ilustrasi kloset dan pengecekan saluaran buangannya.
Mitra Jaya

Ilustrasi kloset dan pengecekan saluaran buangannya.

IDEAOnline-Pernah mengalami ini?

Selera makan hilang karena saat sedang bersantap tiba-tiba mendengar suara dari kamar mandi yang berisik saat pemakainya ada kegiatan flushing?

Atau kamu merasa risih saat sedang menjamu tamu, suara buangan air begitu berisik muncul dari dapur yang sedang ada kegiatan mencuci piring?

Bahkan, kadang selain suara yang berisik, kamu pun terganggu dengan bau yang muncul dari wastafel dan menyaksikan keluarnya air buangan dari lubang drainase? Penyebabnya adalah tidak lancarnya aliran air buangan karena adanya tumpukan kotoran atau sumbatan di dalam pipa.

Dan, keluarnya air buangan dari lubang drainase adalah karena adanya kebocoran pipa pembuangannya. Penyebab permasalahan klise seputar sanitasi ini berawal dari kurang baiknya perencanaan pemipaan (plumbing) dan instalasi sanitasinya.

Pemilihan perangkat sanitasi yang digunakan merupakan langkah penting yang harus dipertimbangkan saat perencanaan, salah satunya yang terpenting adalah, pemilihan pipa.

Apa saja yang bisa dijadikan pertimbangan untuk memilihnya?

1. Teknologi

Saat ini, inovasi teknologi pada produk pipa buangan terus berkembang.

Salah satunya adalah hadirnya sistem pemipaan dengan teknologi low noise atau pereduksi kebisingan yang memiliki bahan khusus yang mampu meredam suara dari dalam pipa.

Selain untuk penggunaan di rumah, pipa kelas premium ini sangat cocok digunakan di bangunan high rise setara hotel bintang empat yang sangat rawan terganggu oleh suara berisik dari penghuni lain, saat melakukan flushing di kamar mandi.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest