Follow Us

Ruang Terbatas untuk Buat Musala di Rumah, Ciptakan Sudut Kecil untuk Ibadah dengan Cara Ini

Nana Triana - Senin, 26 April 2021 | 10:13
Ilustrasi perlengkapan shalat dan ibadah.
Shutterstock

Ilustrasi perlengkapan shalat dan ibadah.

iDEA-online.com – Tahun ini, kedua kalinya umat Islam menjalani ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Bagi Idea Lovers yang daerah domisilinya belum kondusif, ibadah di rumah masih menjadi pilihan.

Untuk menjamin kekhusyukan ibadah, Anda mungkin pernah berpikir untuk menjadikan salah satu ruangan di rumah sebagai musala keluarga. Sayangnya, ruangan di rumah terbatas sehingga tidak mungkin mewujudkan keinginan tersebut.

Namun, jangan berkecil hati. Anda dapat menyiasatinya dengan menjadikan salah satu sudut rumah sebagai area beribadah bersama keluarga. Misalnya saja, sudut ruang keluarga.

Anda hanya perlu kreatif memanfaatkan ruang dan melengkapinya dengan kebutuhan ibadah yang diperlukan.

1. Sediakan rak untuk menaruh Al-Quran dan buku doa

Tempat untuk beribadah tentunya akan kurang lengkap tanpa kehadiran buku-buku doa dan Al-Quran untuk dibaca. Supaya sudut ibadah Anda tetap rapi, sediakan rak untuk menaruh buku-buku doa dan Al-quran.

Mengingat sudut ruangan tidak terlalu luas, gunakan rak ambalan yang dapat ditempel di dinding supaya meminimalisasi penggunaan ruang. Anda dapat memilih floating shelves ambalan segitiga yang bisa ditempel di pojok ruang.

Pilihan lainnya, rak ambalan kecil dengan empat kaki yang ketinggiannya sejajar dengan tubuh Anda ketika duduk.

Membeli buku-buku doa dan Al-Quran yang baru juga bisa menjadi penyemangat untuk beribadah. Klik di sini untuk memperoleh buku-buku doa dan Al-Quran dengan memanfaatkan promo dari Lazada .

2. Miliki karpet yang nyaman sebagai alas

Agar ibadah terasa nyaman, gunakan karpet sebagai alas duduk saat beribadah. Anda dapat memilih karpet yang berbulu lembut dengan bantalan busa di dalamnya, karpet berbahan katun empuk seperti selimut bed cover, hingga karpet spons. Semua jenis karpet tersebut dapat Anda temukan di sini.

Editor : Sheila Respati

Latest