Follow Us

Jadi Solusi Banyak Hal di Rumah Tropis, Ini Tips Membuat Kisi-kisi

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 15 Juni 2021 | 14:00
Olustrasi pemasangan kisi-kisi di jendela area tangga.
Alibaba

Olustrasi pemasangan kisi-kisi di jendela area tangga.

IDEAOnline-Kisi-kisi adalah salah satu elemen penting pada rumah tropis.

Pengaplikasian kisi-kisi adalah sebagai penghalang sinar matahari secara langsung namun tak menutup aliran atau pertukaran udara/angin.

Baca Juga: Jangan Disepelekan, Ahli Beberkan 3 Warna yang Tak Boleh Digunakan pada Kamar Tidur, Kenapa?

Baca Juga: Jangan Biarkan Bordes Tangga Nganggur, Ini Cara Optimalkan Fungsinya

Penerapan kisi-kisi di rumah tropis pada balkon rumah yang memanjang ke bawah cukup mengoptimalkan fungsi bukaan sebagai ventilasi silang. Dengan cara ini udara dapat mengalir ke seluruh ruang dengan baik dan membuat ruang-ruang terasa sejuk.

Kisi-kisi di rumah tropis yang bangunannya terletak lebih tinggi dari permukaan jalan raya, memungkinkan aliran angin dapat masuk ke dalam rumah dengan leluasa.

Adapun penempatan kisi-kisi kayu di antara dua jendela kaca pada balkon akan mengalirkan udara masuk balkon di lantai atas menuju ruang tamu di bawah dan mendorong udara panas untuk keluar pada bukaan di ruang tengah lantai bawah. Sedanghan udara segar yang masuk dari kisi-kisi yang sama mengalir ke ruang keluarga di lantai atas, dan berlanjut ke ruang kerja.

Di bagian lain, kisi-kisi juga dapat ditempatkan di deretan 3 jendela dapur dan bermanfaat membantu mengeluarkan udara panas dari dapur.

Ilustrasi pemasangan kisi-kisi di balkon.
@invisystech

Ilustrasi pemasangan kisi-kisi di balkon.

Di dapur, pencahayaan alami juga terpenuhi. Dari luar, seakan-akan jendela dapur begitu tinggi. Tetapi dengan permainan ketinggian lantai di ruang dalam, jendela-jendela ini terlihat sangat proporsional.

Kisis-kisi juga bisa berfungsi untuk memasukkan cahaya alami tangga pada rumah tinggal bertingkat dan menjadi sarana transportasi vertikal.

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest