Follow Us

Penularan Terbesar dari Klaster Keluarga Kasus Covid-19 pada Anak di Indonesia Tertinggi di Dunia, Begini Perawatan di Rumah Sakit

Kontributor 01 - Kamis, 17 Juni 2021 | 07:00
Ilustrasi pasien anak yang dirawat dengan infeksi virus corona.
Kompas.com

Ilustrasi pasien anak yang dirawat dengan infeksi virus corona.

IDEAOnline-Sebuah kabar cukup mencengangkan setelah setahun lebih Covid-19 merebak di Indonesia.

Data yang dihimpun mandiri oleh Ikatan Dokter Indonesia menunjukkan, tingkat kasus Covid-19 pada anak sebesar 11-12 persen.

Ini termasuk kasus Covid-19 anak yang tertinggi di dunia.

Baca Juga: Siapa Sangka Sudah 2 Kali Alami Perceraian, Kondisi Rumah Mantan Ratu Sinetron Ini Jadi Sorotan, Ruang Makannya Super Unik!

Baca Juga: Jadi Rahasia Tukang Bangunan, Begini Cara Mudah Pasang Keramik di Atas Ubin Lama, Jawaban yang Mau Renovasi Kamar Mandi!

Kendati sejumlah studi mengatakan bahwa kebanyakan anak yang terinfeksi Covid-19 memiliki gejala ringan, risiko sindrom peradangan hingga perawatan yang membutuhkan rawat inap rumah sakit tetap ada.

Lantas, bagaimana perawatan Covid-19 anak di rumah sakit?

Seperti dilansir kompas.com, Ketua Departemen Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM), Universitas Hasanuddin (Unhas) Irwandy, SKM, MScPH, MKes., mengatakan, ruang perawatan untuk pasien anak dan dewasa dilaksanakan di unit atau instalasi yang berbeda.

Jika anak memerlukan perawatan rawat inap, maka akan dirawat di ruang isolasi perawatan anak.

Sedangkan jika anak memerlukan perawatan intensif," kata Irwandy kepada Kompas.com, Senin (14/6/2021), dia mengatakan, ruang perawatan intensif untuk bayi kurang dari 28 hari adalah ruang Neonatal Intensive Care Unit (NICU).

Sementara untuk ruang perawatan intensif bagi bayi berusia lebih dari 28 hari sampai anak berusia 18 tahun akan dirawat di ruang Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

Source : kompas

Editor : Maulina Kadiranti

Baca Lainnya

Latest