Follow Us

Bersih-Bersih Rumah dengan Metode Konmari Marie Kondo, Dijamin Sukses!

Sesilia Alexandra - Senin, 04 Oktober 2021 | 06:10
Salah satu tips metode konmari, merapikan kain secara vertikal
Real Homes

Salah satu tips metode konmari, merapikan kain secara vertikal

IDEAonline - Sebagian besar IDEA Lovers pasti sudah pernah mendengar nama Marie Kondo?

Marie Kondo adalah konsultan dalam hal “mengorganisasi rumah” dan terkenal karena memopulerkan gaya hidup yang minimalis.

Untuk membersihkan rumah secara menyeluruh, ia memperkenalkan metode konmari, yaitu pendekatan metodis untuk merapikan—berdasarkan kategori, bukan berdasarkan ruangan atau lokasi di dalam ruangan.

Marie Kondo mendorong kita untuk memulai dengan pakaian, lalu buku, kertas, dan barang-barang lainnya, diakhiri dengan barang-barang sentimental.

Dia menyarankan hanya menyimpan hal-hal yang 'memicu kegembiraan'.

Dilansir dari Homesandgardens.com (18/03/2021), berikut tips merapikan rumah dengan metode konmari!

Baca Juga: Ingin Membuat Ruang Mediatasi? Ini 7 Hal yang Wajib Tersedia

  1. Bekerja Berdasarkan Kategori, Bukan Ruangan
Bertentangan dengan bagaimana kebanyakan orang akan berpikir, Kondo menyarankan kita untuk merapikan rumah kita dalam urutan kategori daripada menangani seluruh ruangan sekaligus.

Misalnya, jika IDEA Lovers memilih untuk memilah-milah handuk—yang mungkin ada di ruang cuci, dapur, dan kamar mandi—IDEA Lovers akan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang handuk yang sebenarnya IDEA Lovers miliki di rumah sehingga dapat memilah dan mengatur dengan lebih efisien.

Mengenai urutan kategori, Kondo percaya bahwa pakaian harus menjadi yang pertama karena kita cenderung tidak memiliki keterikatan emosional dibandingkan dengan kategori selanjutnya seperti buku dan surat.

  1. Belajar untuk Melipat secara Vertikal
Salah satu tips yang identik dengan Marie Kondo adalah melipat secara vertikal.

Menurut Kondo, ketika kita mengatur pakaian, handuk, dan kain secara vertikal, kita dapat menghemat ruang dan hal itu memudahkan untuk menemukan apa yang kita cari.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest