Follow Us

Trik Melubangi Kayu Memakai Bor, Ibu-Ibu pun Bisa Melakukan Sendiri

Johanna Erly Widyartanti - Jumat, 08 Oktober 2021 | 12:30
Ilustrasi Seorang wanita sedang mengebor.
id.deposiphotos.com

Ilustrasi Seorang wanita sedang mengebor.

IDEAOnline-Saat ini, banyak hal bisa dilakukan oleh para ibu atau kaum perempuan, termasuk menggunakan bor untuk melubangi kayu.

Pekerjaan yang dulunya dianggap hanya bisa dilakukan para lelaki atau bahkan para tukang, kini bisa dilakukan oleh siapa saja , termasuk kaum perempuan.

Kegiatan mendekor ruangan makin bervariasi saja, dan bor menjadi salah satu alat yang cukup sering dibutuhkan. Misalnya, saat memasang bingkai untuk hiasan dinding.

Tentu tidak semua harus mengandalkan tukang. Pemilik rumah dapat berkreasi menciptakan berbagai elemen dekorasi atau furnitur sederhana dengan menggunakan bor ini.

Untuk hasil yang sempurna, sebaiknya IDEA Lovers simak dulu beberapa hal tentang penggunaan bor ini.

Melubangi kayu dengan bor terlihat mudah. Material kayu memang lebih lunak dibandingkan beton, dinding plester, atau besi.

Baca Juga: Kenali Perbedaan 6 Jenis Gergaji. Wajib Tahu Agar Tak Salah Saat Memotong

Namun untuk menghasilkan lubang bor yang sempurna, ada baiknya IDEA Lovers mengenali dulu mata bor dan cara pengeborannya.

Kenali Bentuk Sesuaikan Fungsi

Bentuk dasar dari mata bor untuk kayu pada umumnya mempunyai rongga antara pisau dan badan bor.

Rongga tersebut berfungsi sebagai jalur keluar serbuk kayu saat pengeboran.

Seiring tuntuan fungsi bor yang terus meningkat, jenis mata bor kayu makin bervariasi, Ada jenis twist bits dengan diameter 4mm-i2mm, spur bits (6mm-15mm), juga hole saw bits yang berbentuk seperti gergaji putar.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest