Follow Us

Mengenal Paviliun dan Fungsinya, Hal Penting jika Ingin Menghadirkan di Rumah

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 12 Oktober 2021 | 12:38
ilustrasi paviliun di samping rumah.
Pinterest

ilustrasi paviliun di samping rumah.

IDEAOnline-Paviliun, istilah dalam desain arsitektur yang tentunya tak asnig bagi IDEA Lovers.

Struktur ini merupakan rumah berukuran lebih kecil yang letaknya terpisah dari bangunan utama rumah, bisa di samping, depan, atau belakang rumah.

Biasanya, paviliun dibangun pemilik rumah untuk berbagai keperluan seperti tempat menyalurkan hobi.

Paviliun adalah karya arsitektur yang merupakan salah satu jejak bangunan peninggalan Pemerintah Kolonial Belanda.

Selian dihadirkan di rumah, paviliun juga kerap ada di bangunan-bangungan lain. Jika dihadirkan bukan di area rumah, pavilion bisa difungsikan sebagai area berteduh, tempat nongkrong, kafe, teater, acara, pameran, dan bekerja.

Dikutip dari Kompas.com, awalnya, paviliun menjadi istilah desain arsitektur rumah sakit pada pertengahan abad ke-19 yang diperuntukkan sebagai blok atau bangunan terpisah atau semi-terpisah di kompleks fasilitas publik tersebut.

Baca Juga: Dibangun dengan CLT, Paviliun di tengah Hutan Ini Miliki Bentuk Melengkung

Diketahui, paviliun juga didefisinikan dengan istilah PAPHE (Pavilion Hospital) atau "Rumah Sakit Paviliun" dalam arti luas untuk sebuah bangunan yang berdiri independen. Artinya, bangunan ini terhubung satu sama lain hanya melalui galeri terbuka, terlepas di mana letaknya.

Rumah sakit tipe paviliun pertama adalah Royal Herbert di Shooters Hill Eltham, Inggris, merupakan rumah sakit militer, telah dibuka 11 Januari 1865. Royal Herbert ini dirancang berdasarkan prinsip-prinsip yang direkomendasikan oleh pelopor perawat modern Florence Nightingale.

Hal yang sama dijumpai di beberapa rumah sakit pemerintah di Indonesia yaitu keberadaan paviliun digunakan sebagai ruang rawat inap pasien. Umumnya, paviliun diberi nama-nama bunga yang populer di tanah air seperti "paviliun melati".

Paviliun dengan bangunan luas biasanya dilengkapi ruang tamu, teras dengan lanskap, serta fasilitas lain sebagai status kelas pasien dan keluarganya.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest