Follow Us

Post-Covid Syndrome Menjadi Ancaman bagi Kelompok Masyarakat Ini, Usahakan untuk Mendapat Vaksinasi Covid-19

Kontributor - Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:54
Long Covid menjadi ancaman bagi penyintas
The Straits Time

Long Covid menjadi ancaman bagi penyintas

IDEAonline - IDEA Lovers pasti sudah tidak asing lagi dengan kasus di mana seorang penyintas Covid-19 justru menjadi kritis seusai sembuh dari virus tersebut.

Kondisi seperti ini dikenal dengan sebutan Post Covid-19 Syndrome, dan bisa menjadi berbahaya, terutama untuk beberapa golongan masyarakat.

Post Covid-19 Syndrome atau biasa dikenal sebagai long Covid kini menjadi ancaman tersendiri bagi penyintas atau orang yang sembuh dari infeksi virus corona.

Dilansir dari Health.grid.id, dr. Wirawan Hambali, Sp.PD menjelaskan bahwa Post Covid-19 syndrome sendiri adalah kondisi di mana pasien yang sudah sembuh atau penyintas Covid-19 mengalami gejala lain, baik gejala ringan, sedang hingga berat.

"Salah satu gejala yang paling sering dikeluhkan mereka yang mengalami Long Covid adalah kelelahan. Di mana mereka sering kelelahan melakukan aktivitas yang sebelumnya biasa dilakukan," terangnya.

Alhasil kondisi tersebut membuat kualitas hidup penderitanya terganggu.

Baca Juga: Stop Mubazir Pangan di Rumah, Ini 5 Perilaku Wajib Dilakukan, Mudah!

Sementara itu dilansir dari Healthline (20/9/2021), ada kelompok orang dengan risiko long covid lebih tinggi daripada kelompok lain dalam masyarakat.

Hal itu diungkap penelitian yang dipimpin Long Beach Departement of Health and Human Services yang mengevaluasi 366 pasien Covid-19 yang berusia lebih dari 18 tahun.

Hasilnya, Post Covid-19 Syndrome lebih sering dialami perempuan berusia lebih dari 40 tahun dan pasien yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Sepertiga pasien melaporkan mengalami minimal satu ciri-ciri virus corona dua bulan setelah terkonfirmasi positif Covid-19.

Source : Health.grid.id

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest