Follow Us

Ciptakan Kehidupan yang Lebih Baik di Rumah, Simak Solusi Home Furnishing dari IKEA Indonesia

Fathia Yasmine - Sabtu, 04 Desember 2021 | 19:41
Gerai IKEA di Indonesia
Dok. IKEA

Gerai IKEA di Indonesia

Idea-Online.com – Sejak pandemi Covid-19, rumah memiliki fungsi ganda. Tidak hanya menjadi tempat untuk beristirahat dan menikmati waktu bersama keluarga, rumah juga menjadi “Ruang kelas” dan “Ruang bermain” bagi anak, serta “Kubikel kantor” bagi penghuni dewasa.

Sayangnya, tidak semua rumah memiliki rancangan yang dapat mengakomodasi aktivitas domestik, kerja, bermain, sekaligus sekolah. Penyesuaian secara instan bisa dilakukan, seperti membeli meja kerja dan mengubah kamar tidur menjadi ruang belajar. Namun, hasilnya tidak akan maksimal.

Saat semua anggota keluarga beraktivitas di bawah satu atap dengan kegiatan berbeda-beda, tak menutup kemungkinan akan terjadi benturan sewaktu-waktu. Saat itu terjadi, batas antara ruang aktivitas profesional dengan personal semakin buram.

iDEA-Online melakukan wawancara dengan IKEA, membahas soal konsumen di Indonesia yang merasa bahwa hilangnya batasan tersebut memicu stres dan dapat menimbulkan rasa tidak betah di rumah. Pada akhirnya, kondisi tersebut dapat memengaruhi well-being para penghuni rumah.

“Banyaknya aktivitas dalam satu ruangan, mulai dari bekerja, bermain dengan anak, sampai makan, membuat seseorang kehilangan batasan kehidupan. Ini akhirnya memicu dampak buruk terhadap well-being masing-masing individu,” kata Country Home Furnishing & Retail Interior Design Manager IKEA Indonesia Maria Cristina Camilli melalui wawancara daring, Jumat (26/11/2021).

Baca Juga: 3 Cara Mudah Makeover Kamar Tidur, Tema Earthy Tones Bikin Tenang

Perlu diketahui, well being adalah perasaan lega dan bahagia. Menurut American Psychological Association (APA), kondisi well being terjadi saat individu memiliki rasa bahagia, kepuasan, tingkat stres yang rendah, sehat secara fisik dan mental, serta memiliki kualitas hidup yang baik.

Setiap individu punya standar well being yang berbeda. Pencapaian well being juga kerap dikaitkan dengan keberhasilan menerapkan keseimbangan dalam hidup.

Di rumah, keseimbangan dalam hidup dapat dicapai jika seluruh anggota keluarga merasa aman dan nyaman beraktivitas. Mempertimbangkan hal ini, IKEA tergerak untuk memberikan solusi dan inspirasi untuk kebutuhan home furnishing. Salah satunya dengan melakukan Home Makeover Project.

“Di IKEA, kami memiliki visi untuk menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang. Oleh sebab itu, kami tidak hanya menawarkan produk, tetapi juga memberikan inspirasi dengan ide dan solusi yang dapat membantu masyarakat untuk memiliki kehidupan di rumah yang lebih baik atau 'Better life at home',” lanjutnya.

Konsep "Better life at home", kata Cristina, memiliki makna bahwa rumah tidak hanya mampu memberikan kualitas dan kenyamanan hidup, tetapi juga menghadirkan kehidupan yang lebih sehat lewat konsep berkerlanjutan (sustainable).

Editor : Sheila Respati

Latest