Follow Us

Bantu Pengungsi Semeru Atasi ISPA dan Minimnya Sarana Kebersihan, Sharp Sediakan Air Purifier dan Mesin Cuci

Johanna Erly Widyartanti - Rabu, 15 Desember 2021 | 21:53
Erupsi Semeru awal Desember 2021.
Via Kompas TV

Erupsi Semeru awal Desember 2021.

IDEAOnline-Memberi bantuan sesuai yang dibutuhkan sebagai pelengkap fasilitas yang sudah ada, Sharp fokus pada sarana kesehatan dan kebersihan bagi pengungsi korban erupsi Gunung Semeru yang terjadi awal Desember 2021.

Rusaknya rumah penduduk di sekitar Gunung Semeru, menyebabkan 9.118 warga mengungsi di ratusan titik posko pengungsian yang tersebar di area Kabupaten Lumajang, Malang, dan Probolinggo.

Berkolaborasi dengan Human Initiative, Sharp Indonesia menyalurkan bantuan bagi pengungsi di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Acara serah terima bantuan ini dilakukan hari Rabu, 15 Desember 2021.

Baca Juga: Ini Cara Kerja Teknologi Plasmacluster Sehatkan Ruang & Usir Polusi!

Bantuan bagi para warga di Kabupaten Lumajang dikonsentrasikan pada 4 titik lokasi pengungsian; 2 di desa Pasirian dan masing-masing 1 di desa Penanggal dan desa Supiturang.

Pada tahap pertama Sharp Indonesia melakukan instalasi kebutuhan air bersih dan menempatkan 11 unit mesin cuci untuk membantu warga pengungsi menjaga kebersihan pakaian mereka.

“Sharp Indonesia berusaha untuk memberikan bantuan dalam bentuk lain sebagai pelengkap kebutuhan yang sudah tersedia,” jelas Andry Adi Utomo selaku National Sales General Manager PT Sharp Electronics Indonesia.

Setiap warga pengungsi dapat memanfaatkan mesin cuci yang disediakan secara bergantian.

Bantuan cuci gratis untk pengungsi Semeru, Sharp menyediakan mesin cuci.
Dok. Sharp

Bantuan cuci gratis untk pengungsi Semeru, Sharp menyediakan mesin cuci.

Keluhan lain yang dirasakan warga adalah infeksi saluran pernafasan (ISPA), penyakit kulit dan mata kering, dampak dari hujan abu yang terus terjadi beberapa saat setelah erupsi pertama terjadi.

Guna meringankan keluhan warga, Sharp mendirikan “tenda plasmacluster” yang dapat digunakan warga untuk mendapatkan udara bersih dan sehat.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest