Follow Us

Tak Akan Terlibat dalam Perancangan Desain Bangunan IKN, Ini yang Dilakukan IAI

Kontributor 01 - Jumat, 14 Januari 2022 | 12:00
Istana Negara IKN Baru
Kompas.com

Istana Negara IKN Baru

IDEAOnline-Baru-baru ini Desain Istana Negara IKN Baru telah beredar di public, usai sang perancang yakni Nyoman Nuarta mengunggah desain karyanya itu di sosial media.

Pada kesempatan itu, dia juga menyebut bahwa desain Istana Negara IKN Baru telah dipresentasikan dan disetujui Presiden Jokowi pada Senin (03/01/2022) lalu.

Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) memastikan tidak akan terlibat dalam proyek perancangan desain Ibu Kota Negara (IKN) Baru di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Sebab, IAI merupakan sebuah organisasi profesi, bukan konsultan yang mengerjakan perancangan proyek-proyek arsitektur.

"Karenanya IAI tidak dapat dan tidak akan terlibat dalam berproyek, termasuk dalam perancangan langsung bangunan-bangunan di IKN," tulis Ketua Umum IAI Georgius Budi Yulianto dalam rilisnya, Selasa (11/01/2022), IAI berprinsip untuk mendorong mekanisme sayembara perancangan arsitektur untuk pengadaan jasa perancangan arsitektur gedung-gedung negara.

Tentu prosesnya yang bersifat transparan, terbuka untuk diikuti oleh pihak yang sesuai dengan kompetensinya, dilaksanakan dengan pedoman dan parameter yang jelas serta akuntabel dengan melibatkan tim juri yang sesuai dengan keahliannya.

Baca Juga: Berkonsep Arsitektur Urban, Kepoin Desain IKN dalam Bentuk Metaverse

Sebagaimana salah satu mekanisme pengadaan barang atau jasa yang diatur dalam Perpres Nomor 16 tahun 2018 Tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah.

Sayembara perancangan arsitektur dapat membantu mendapatkan gagasan dan rancangan terbaik serta menentukan Arsitek yang kompeten.

"Sayembara perancangan arsitektur juga merupakan salah satu wujud demokrasi dalam desain, karena sejatinya IKN adalah milik kita bersama," pungkas Georgius.

Baca Juga: Tuai Pro Kontra, Ini Alasan Nyoman Nuarta Merancang Istana Negara Berbentuk Burung Garuda

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Soal Perancangan Desain Bangunan IKN, IAI Tegaskan Tidak Akan Terlibat

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest