Follow Us

Tekan Pengangguran, Sharp Class Siapkan Lulusan SMK jadi Teknisi Profesional, Ini yang Diajarkan!

Johanna Erly Widyartanti - Senin, 17 Januari 2022 | 13:00
Program pelatihan Sharp Class di SMKN 4 Bandung, siapkan teknisi profesional.
Dok. Sharp

Program pelatihan Sharp Class di SMKN 4 Bandung, siapkan teknisi profesional.

IDEAOnline- Sejak 5 tahun lalu secara konsisten lulusan SMK di Indonesia menempati peringkat pertama Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) nasional.

Mengutip data dari Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2021 lalu angka Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) nasional yang berasal dari lulusan SMK mencapai sekitar 11,13%.

Bantu program pemerintah dalam menekan angka pengangguran, Sharp Indonesia menjalankan program Corporate Social Responsibility (CSR) dalam bidang pendidikan bertajuk Sharp Class.

Sharp Class merupakan sebuah program pendampingan dan pelatihan yang diberikan oleh teknisi professional dari Sharp Indonesia kepada siswa-siswi SMK guna mempersiapkan mereka menjadi lulusan yang unggul dan memiliki kompetensi yang sesuai dengan dunia industri.

Melalui kehadiran para teknisi-teknisi andal Sharp, diharapkan para siswa-siswi ini dapat menerapkan standar kerja professional bertaraf internasional.

Dalam program CSR ini, Sharp Indonesia memberikan materi yang beragam sebagai pelengkap kurikulum yang telah diberikan pihak sekolah, mulai dari teori, praktek langsung, hingga pelatihan koordinasi di dunia professional, sikap dan perilaku serta kepemimpinan.

Menurut Ronald R. Huwae, General Manager Customer Satisfaction Sharp Indonesia, saat ini teknisi tidak hanya membutuhkan kemampuan untuk praktik, namun harus mengerti pola komunikasi dan membantu mengarahkan konsumen.

“Di luar hal-hal teknis dan teoritis, kami merasa perlu membekali mereka dengan teknik komunikasi dan leadership yang tepat, serta menggambarkan kondisi dunia kerja saat ini. Harapannya melalui strategi ini, para pelajar ini mampu menjadi teknisi yang andal, tangguh, dan cepat tanggap terhadap kebutuhan konsumen saat ini,“ terang Ronald.

Baca Juga: Servis Terkendala dan Perlu Biaya saat Pandemi, Ini 5 Cara Menjaga agar Peralatan Elektronik Tak Cepat Rusak

Awal tahun 2022, memulai kiprahnya lagi semenjak adanya pandemi, Sharp Class kembali hadir. kali ini di SMKN 4 Bandung.

Sebelumnya Sharp Class telah hadir di beberapa kota di Indonesia seperti Banda Aceh, Palu, Denpasar, dan 10 kota lainnya dan meluluskan lebih dari sekitar 570 siswa siswi SMK yang sebagian telah diserap oleh beberapa perusahaan termasuk Sharp Indonesia.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest