Follow Us

Lodges Ekologika on Portibi Farm dan Janur Bungalow, Hotel Berlelanjutan yang Bikin Acara Melancongmu Lebih Ramah Lingkungan

Kontributor 01 - Rabu, 19 Januari 2022 | 09:00
Slah satu desain ruang di Lodges Ekologika on Portibi Farm
Kompas.com

Slah satu desain ruang di Lodges Ekologika on Portibi Farm

IDEAOnline-Dua dari sepuluh hotel berkelanjutan terbaik di kawasan Asia Tenggara tercatat ada di Indonesia.

Yaitu, Lodges Ekologika on Portibi Farm di Cicurug, Jawa Barat dan di Magelang, Jawa Tengah.

Isu perjalanan dan penginapan berkelanjutan semakin diminati masyarakat di seluruh dunia.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh perusahaan perjalanan Virtuoso, 82 persen informan mengatakan, pandemi telah membuat mereka ingin melakukan perjalanan yang lebih bertanggung jawab kepada lingkungan.

Hal ini juga didukung oleh adanya penelitian oleh Expedia Group yang dikutip dari 4hotelliers, bahwa 59 persen pelancong bersedia membayar lebih banyak untuk membuat perjalanan mereka lebih berkelanjutan.

Adapun langkah ini memiliki banyak manfaat, seperti tidak memberikan dampak buruk terhadap lingkungan, mendukung penggunaan produk lokal, dan berdampak positif pada pengeluaran manajemen hotel.

Sementara itu, melansir The Guardian, 2 dari 10 hotel berkelanjutan terbaik di kawasan Asia Tenggara tercatat ada di Indonesia.

Hotel berkelanjutan terbaik milik Indonesia yang pertama adalah Lodges Ekologika on Portibi Farm di Cicurug, Jawa Barat.

Lodges Ekologika on Portibi Farm berbentuk bungalo yang terbuat dari kayu jati daur ulang dan dilengkapi dengan leuit, lumbung padi tradisional Sunda, yang diubah menjadi akomodasi bersama.

Baca Juga: Kenali Beberapa Tipe Kasur Hotel, Jangan Salah saat Pesan Kamar Ya...

Baca Juga: Pengelola Bangunan Wajib Tahu, Perangkat UV-C Upper Air oleh Ahli Dianggap Efektif Cegah Penularan Covid-19 melalui Udara di Dalam Gedung

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest