Follow Us

Kamu Sudah Masuk dalam Strata Orang Kaya jika Memenuhi Kriteria Ini untuk Tinggal di 5 Apartemen Mewah di Jakarta

Kontributor 01 - Senin, 21 Februari 2022 | 09:50
Sun and Moon di Darmawangsa, salah satu apartemen mewah harga selangit di Jakarta.
dok. residence

Sun and Moon di Darmawangsa, salah satu apartemen mewah harga selangit di Jakarta.

IDEAOnline- Apartemen mewah bukanlah barang yang cocok dijadikan sebagai instrumen investasi, melainkan simbol prestasi sekaligus prestise alias gengsi.

Kenapa? Karena harga apartemen mewah sulit untuk merangkak naik lagi. Kalaupun ada pertumbuhan, tak akan lebih dari lima persen.

Terlebih dalam kondisi sekarang, saat orang-orang tajir melintir lebih suka mengamati, seraya menunggu kalau-kalau ada pengembang yang menawarkan produk dengan keistimewaan, dan kemewahan lebih dari yang telah dimiliki.

Faktanya, harga per meter persegi apartemen mewah termahal di Jakarta saat ini setara dengan satu unit rumah subsidi?

Ya, harganya selangit. Menurut riset Leads Property Indonesia, Keraton at The Plaza yang berada di Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, menempati posisi paling atas.

Harga terbarunya saat ini sudah menyentuh angka Rp 150 juta per meter persegi, atau setara rumah subsidi di Pulau Jawa (minus Jadebotabek).

Associate Director at Leads Property Indonesia Martin Hutapea menuturkan, pasar apartemen mewah memang merupakan niche market. Bukan produk massal yang didorong oleh pasar alias market driven.

"Dan hingga akhir tahun harga tidak akan berubah, karena levelnya sudah mahal sekali," kata Martin Rabu (16/2/2022), yang dikutip oleh Kompas.com.

Apa yang membuat apartemen Keraton at The Plaza hanya bisa dijangkau oleh mereka yang sudah merdeka secara finansial?

Baca Juga: Apartemen Pasangan Muda Ini Didesain Atraktif dan Dinamis dengan Olahan Warna, Bukan dari Warna Dinding

Martin menjawab, selain karena lokasi yang memang super-premium, berada di pusat bisnis dan dekat pusat pemerintahan, juga masuk kategori secondary sebagai aset yang dihuni.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest