Follow Us

Memulai Pembangunan Pabrik AC di Indonesia, Sharp Siap Ekspor ke Negara ASEAN

Johanna Erly Widyartanti - Selasa, 01 Maret 2022 | 06:30
Usung konsep ramah lingkungan, Sharp memulai pembangunan pabrik AC di Indonesia.
Dok. Sharp Indonesia

Usung konsep ramah lingkungan, Sharp memulai pembangunan pabrik AC di Indonesia.

IDEAOnline-Jelang hari jadinya yang ke-52 tahun, PT Sharp Electronics Indonesia memulai pembangunan pabrik Air Conditioner (AC) sebagai basis produksi & ekspor untuk negara-negara ASEAN.

Pembangunan pabrik baru ini ditandai dengan peletakan batu pertama di area pabrik Sharp Indonesia di Karawang International Industrial City (KIIC), Karawang, Jawa Barat (24/2).

Menempati lahan seluas 3,5 Ha, pabrik AC Sharp direncanakan mulai beroperasi pada awal tahun 2023.

Pada tahun pertama pengoperasiannya, Sharp Indonesia menargetkan kapasitas produksi sekitar 900.000 unit per tahun yang akan ditingkatkan sebesar 150.000 unit untuk tahun berikutnya.

Pabrik AC milik Sharp ini nantinya akan memproduksi Air Conditioner (AC) tipe inverter dan non-inverter dan akan membuka lapangan kerja.

Dalam kata sambutannya yang dilakukan secara virtual, Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Agus Gumiwang Kartasasmita menyatakan produk AC, merupakan salah satu produk elektronika yang nilai impornya terbesar yaitu 0,49 Miliar USD pada tahun 2021.

Terkait dengan hal ini, Kementerian Perindustrian sedang mendorong program substitusi impor 35% pada akhir tahun 2022 di mana salah satu produk 5 elektronika yang didorong untuk disubstitusi menggunakan produk lokal adalah produk AC.

Mengusung konsep ramah lingkungan, Sharp Indonesia akan memasang sistem pembangkit tenaga surya di atap pabrik, menggunakan daya yang dihasilkan untuk penerangan, jalur produksi, dll., untuk mengurangi beban lingkungan dengan mengadopsi struktur atap yang memungkinkan penerangan dengan menggunakan cahaya alami dan mengeluarkan panas dalam ruangan.

Memiliki investasi sebesar 4 miliar yen atau 582 miliar rupiah, Sharp Indonesia mematok penjualan 100.ooo unit per bulan untuk pasar domestik dan pasar ekspor.

Baca Juga: Waspadai Bell’s Palsy karena Salah Menempatkan AC, Hindari Posisi Ini!

Aplikasi sistem pembangkit tenaga surya di atap pabrik AC Sharp di Indonesia.
Dok. Sharp Indonesia

Aplikasi sistem pembangkit tenaga surya di atap pabrik AC Sharp di Indonesia.

Editor : Johanna Erly Widyartanti

Latest