Follow Us

Lancarkan Kunci Pintu hingga Hilangkan Hama, Ini Ragam Manfaat Petroleum Jelly

Fathia Yasmine - Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:01
Ilustrasi petroleum jelly
DOK. Shutterstock

Ilustrasi petroleum jelly

IDEAonline - Petroleum jelly merupakan salah satu produk yang dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit. Dilansir dari Healthline, beberapa manfaat dari petroleum jelly, yaitu untuk melembapkan kulit, membantu menyembuhkan luka gores dan luka bakar ringan, serta mencegah ruam popok.

Sebagai informasi, petroleum jelly dibuat dari campuran lilin dan minyak mineral yang membentuk zat semipadat seperti jeli. Produk ini pertama kali ditemukan oleh seorang ahli kimia asal Amerika Serikat, Robert Augustus Chesebrough, pada 1859.

Saat itu, Augustus terinspirasi dari pekerja industri minyak di Pennsylvania yang kerap menggunakan produk ini pada luka bakar dan gores.

Meski lebih banyak dikenal sebagai produk skincare kaum hawa, laman Bobvila menyebut petroleum jelly bisa dimanfaatkan untuk keperluan rumah tangga. Berikut sejumlah kegunaan petroleum jelly di rumah.

Baca Juga: Hindari Hal-Hal Berikut Saat Mendekorasi Ruangan yang Terbatas!

  1. Menutupi permukaan dari percikan cat
Ketika akan mengecat tembok rumah, seseorang biasanya akan menutupi area permukaan atau bagian tertentu menggunakan selotip dan kertas agar tidak terkena percikan atau tetesan cat, misalnya pada kusen jendela dan pintu, engsel atau kenop pintu, tepi linoleum, dan ubin.

Selain membuang banyak selotip dan kertas, cara tersebut juga cukup merepotkan dan memakan waktu. Agar lebih praktis, Anda dapat mengoleskan petroleum jelly pada area permukaan yang tidak ingin dicat.

Cukup oleskan petroleum jelly secara tipis dan merata hingga menutupi permukaan area tersebut. Setelah selesai mengecat ruangan, bersihkan petroleum jelly dengan lap basah. Hindari menyeka terlalu keras agar tidak memicu goresan pada permukaan benda yang dioles dengan petroleum jelly.

  1. Menghilangkan bunyi derit padapintu
Pintu rumah yang berderit atau macet merupakan hal yang umum ditemui di hampir setiap rumah. Meski tidak mengganggu fungsi pintu, bunyi tersebut tak jarang membuat penghuni rumah merasa risi.

Baca Juga: Ingin Tahu Mengapa Banyak Orang Menggemari Gaya Desain Minimalis? Berikut Alasannya!

Bunyi derit biasanya disebabkan engsel pintu yang sudah kering. Untuk mengatasi hal tersebut, oleskan petroleum jelly pada engsel pintu yang berderit, lalu diamkan beberapa menit. Dijamin, engsel pintu akan kembali berfungsi lebih lancar tanpa mengeluarkan bunyi berderit.

Editor : Sheila Respati

Latest