Follow Us

Rawan Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Membersihkan Kantong Belanja Berdasarkan Jenis Bahannya

Fathia Yasmine - Rabu, 05 Oktober 2022 | 17:01
 Rawan Jadi Sarang Bakteri, Begini Cara Membersihkan Kantong Belanja Berdasarkan Jenis Bahannya
DOK. Shutterstock

IDEAonline – Demi mengurangi sampah plastik, hampir seluruh daerah di Indonesia mulai melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai di pusat belanja swalayan dan toko-toko retail. Sebagai gantinya, pelanggan diminta membawa kantong belanja yang dapat digunakan berkali-kali atau reusable.

Meski dapat menjadi solusi untuk menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi tumpukan sampah plastik, penggunaan kantong belanja reusable dapat menimbulkan ancaman kesehatan. Mengutip dari laman Better Homes and Gardens, apabila tidak dibersihkan secara teratur dengan cara yang benar, kantong belanja dapat menjadi sarang bakteri dan kuman.

Bagaimana tidak, saat berbelanja, tak jarang berbagai jenis makanan dimasukkan ke dalam kantong tersebut, mulai dari daging, sayuran, buah-buahan, hingga produk susu.

Selain rawan terkena tumpahan cairan, kantong belanja juga rentan kotor akibat disimpan di bagasi mobil, lantai, dan troli belanja yang digunakan banyak orang.

Mengutip dari situs web Loma Linda University of Health, ahli bedah onkologi dr Mark Reeves menyebut, dalam sebuah penelitian yang mengumpulkan kantong-kantong belanja reusable, sebanyak 10 persennya ditemukan mengandung bakteri E. coli yang sering kali menyebabkan diare atau infeksi saluran pencernaan.

“Hampir seluruh tas belanja reusable yang kami kumpulkan juga mengandung banyak bakteri di dalamnya,” ungkap Reeves.

Meski begitu, Reeves mengatakan, bakteri yang ada pada kantong belanja dapat dihilangkan dengan mudah melalui proses pencucian yang benar. Melansir dari laman Cleaning Institute, Selasa (6/4/2021), berikut cara mencuci kantong belanja reusable sesuai jenis bahan pembuatnya.

  1. Polypropylene
Kantong belanja berbahan polypropylene menjadi yang paling banyak digunakan. Anda bisa mencuci kantong belanja dengan bahan ini di mesin cuci menggunakan pengaturan lembut. Cuci menggunakan sabun dan air dingin. Atau, Anda juga bisa mencuci kantong dengan tangan menggunakan sabun dan air, lalu keringkan setelah dibilas.

  1. Nilon
Berbeda dengan polypropylene, kantong berbahan nilon rentan rusak apabila dicuci menggunakan mesin. Untuk itu, ada baiknya Anda mencuci kantong belanja berbahan nilon ini dengan tangan, menggunakan air hangat dan sabun. Balik bagian dalam, lalu jemur di bawah sinar matahari

  1. Serat bambu
Terbuat dari serat alami yang dapat terurai secara alami, kantong belanja jenis ini bisa dicuci menggunakan tangan maupun mesin cuci. Gunakan deterjen berbahan lembut serta hindari mengucek kantong terlalu keras. Untuk pencucian menggunakan mesin, pastikan mode yang digunakan adalah pencucian lembut.

  1. Katun
Sama dengan serat bambu, katun juga merupakan serat alami. Agar kantong belanja lebih higienis, cuci dengan mesin cuci menggunakan air panas dan deterjen.

  1. Insulated bag
Kantong belanja dengan material ini dirancang untuk menjaga suhu makanan dan minuman agar tetap dingin atau panas. Cuci kantong dengan tangan menggunakan air hangat dan sabun.

Anda juga bisa membersihkannya menggunakan lap atau tisu desinfektan. Usap seluruh permukaan, terutama di sepanjang jahitan untuk menghilangkan bakteri yang masih menempel.Agar tidak terkontaminasi dengan kuman dan jamur, usahakan untuk selalu mencuci kantong belanja setelah digunakan. Selain itu, untuk mencegah kontaminasi bakteri dari berbagai bahan makanan, gunakan kantong terpisah untuk daging mentah, makanan laut, dan sayuran. Anda dapat memberi label pada masing-masing kantong untuk membedakannya.

Pisahkan penyimpanan tas untuk barang non-makanan seperti buku, perlengkapan olahraga, dan lain sebagainya dari kantong belanja untuk bahan makanan. Selamat mencoba!

Editor : Sheila Respati

Latest