Follow Us

Trik Bersih-Bersih untuk Pemilik Rumah yang Sibuk

Fathia Yasmine - Rabu, 12 Oktober 2022 | 10:52
Rumah bersih dan rapi
www.pinterest.com

Rumah bersih dan rapi

IDEA-Online.com – Kesibukan seringkali membuat penghuni rumah tidak sempat untuk bersih-bersih rumah. Meski begitu, ada trik yang dapat Anda lakukan untuk membuat seluruh bagian rumah selalu tertata rapi dan bersih.

Bagi Anda yang sibuk bekerja, menjaga kebersihan rumah bisa dilakukan dengan mencicil tugas sedikit demi sedikit, serta menerapkan gaya hidup bersih di rumah. Dengan cara ini, Anda tidak perlu menyiapkan satu hari khusus untuk bersih-bersih.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menciptakan rutinitas baru pada pagi dan malam hari. Dirangkum dari Simply Maid, berikut rutinitas tersebut.

Pagi hari

Membereskan tempat tidur seringkali dianggap sebagai hal yang merepotkan bagi sebagian besar orang. Agar kegiatan tersebut tidak terasa berat, laman Simply Maid menyarankan agar Anda membereskan tempat tidur sembari meregangkan tubuh saat bangun tidur.

Regangkanlah kaki dan tangan dengan pose membuka dan menutup agar seprai kembali rapi dan tidak berkerut. Selanjutnya, duduk dan keluar dari balik selimut dengan cara melipatnya di atas kasur.

Baca Juga: Wajar Saja Mertua Enggak Takut Tagihan Listrik Jebol Walau Banyak Peralatan Rumah, Ternyata Begini Tips Hematnya

Setelah membereskan area kasur, lanjutkan aktivitas dengan mencuci piring yang dipakai untuk makan malam sambil menunggu sarapan atau air panas matang. Jika tak ingin cucian piring baru ikut menumpuk, cobalah langsung mencuci piring dan gelas yang digunakan saat sarapan.

Sembari mandi, sempatkan untuk mengelap dan menyikat lantai kamar mandi. Bila kamar mandi memiliki wastafel dan cermin, bersihkan keduanya dengan lap berserat mikro (microfiber).

Biasakan juga untuk menyimpan peralatan kebersihan di tempat yang mudah terjangkau. Misalnya, sikat WC harus berada di toilet dan sabun cuci piring harus selalu disimpan di wastafel. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu ketika ingin membersihkan kamar mandi di pagi hari.

Baca Juga: Tambahan Sederhana Ini Akan Meningkatkan Dekorasi Desain Dapur Minimalis Dalam Sekejap!

Sore hari

Pada sore hari atau setelah pulang kantor, segera letakkan sepatu, jaket, dan barang-barang dari luar langsung pada tempatnya. Selanjutnya, setelah menyantap makan malam, bersihkan kompor, lalu keluarkan sampah dari dapur.

Sebelum tidur, periksa kembali barang-barang yang dipakai. Kembalikan barang-barang tersebut pada tempatnya. Lalu, letakkan baju yang sudah kering dari jemuran ke dalam lemari dan masukkan baju kotor ke tempat cuci. Jika masih sempat, sapu lantai di area yang sering dilewati, seperti kamar dan dapur.

Pada akhir pekan, Anda hanya perlu melakukan beberapa kegiatan bersih-bersih tambahan, seperti mengelap debu, membersihkan kamar mandi, atau membersihkan isi lemari es. Jadi, tak perlu menunggu libur panjang, atau bahkan cuti untuk bersih-bersih rumah kan?

Editor : iDEA





PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular