Follow Us

Agar Hemat Listrik, Empat Peralatan Elektronik Ini Perlu Dicabut Setelah Dipakai

Fathia Yasmine - Sabtu, 22 Oktober 2022 | 12:05
Stop kontak
Idea.Grid.Id

Stop kontak

IDEAonline – Hampir semua peralatan elektronik di rumah membutuhkan daya listrik yang besar. Semakin lama durasi pemakaian perangkat elektronik, maka semakin besar pula biaya listrik yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Untuk menekan biaya listrik, tak sedikit pemilik rumah memutuskan untuk mengurangi pemakaian alat elektronik. Salah satunya dengan mengurangi menonton TV, menggunakan oven sesekali saja, hingga hanya menyalakan lampu ketika diperlukan.

Namun, cara tersebut ternyata tidak efektif. Mengutip dari situs Good HouseKeeping, membatasi penggunaan alat elektronik bukanlah cara yang tepat untuk menghemat biaya listrik. Pasalnya, ketika kabel alat elektronik tetap tertancap ke soket listrik, aliran listrik tetap berjalan.

Ini lantaran semua produk dengan catu daya eksternal atau pengisi baterai didesain untuk menarik daya terus-menerus ketika tersambung dengan arus listrik. Tak heran, tagihan listrik tidak berkurang signifikan meski penggunaan alat elektronik dibatasi.

Baca Juga: Mulai Hari Ini Ketahui Unsur Pembentuk Api di Rumah, Ternyata Cara Memadamkan yang Aman Bukan Cuma dengan Air!

Meski demikian, ada beberapa alat elektronik yang kabel listriknya tidak bisa dicabut. Contohnya, kulkas. Apabila kabel listrik dicabut, bahan makanan di dalam kulkas bisa rusak.

Nah, untuk menekan tagihan listrik, berikut peralatan elektronik yang harus selalu dimatikan dan dilepas dari stop kontak.

  1. Televisi (TV)
TV adalah salah satu perangkat elektronik yang sering dibiarkan dalam kondisi standby atau istirahat. Masih dikutip dari Good HouseKeeping, TV yang masih tercolok dengan sumber listrik, meski dalam keadaan tidak dioperasikan, akan memakan arus listrik yang sama layaknya ketika dinyalakan.

Karena itu, matikan TV ketika tidak digunakan atau jika berniat meninggalkan rumah dengan waktu lama. Cabut kabel dari stop kontak, lalu colokkan kembali hanya ketika akan digunakan.

Baca Juga: Hati-Hati Saat Membeli Furnitur Antik yang Lama, Cek Beberapa Hal Berikut!

  1. Komputer
Sama seperti TV, perangkat komputer yang tidak dicabut dari stop kontak juga akan terus mengonsumsi daya listrik. Tak hanya itu, adaptor (charger) laptop serta ponsel yang masih terhubung dengan listrik juga ikut memakan energi yang besar, kendati baterai kedua perangkat sudah terisi penuh.

Apabila mencabut seluruh kabel terasa merepotkan, Anda bisa menggunakan penyambung kabel dengan fitur pemutus arus. Ada baiknya Anda juga tidak menggunakan stop kontak dengan tiga cabang atau berbentuk T karena lebih rentan korsleting.

Editor : Sheila Respati

Latest