Follow Us

6 Pertimbangan Membangun Garasi di Rumah

Maulina Kadiranti - Selasa, 07 Februari 2023 | 07:00
 Begini Cara Buat Garasi dengan Ukuran Ideal
https://www.homedepot.com

Begini Cara Buat Garasi dengan Ukuran Ideal

IDEAonline –Banyak yang belum tahu, begini pertimbangan saat membangun garasi di rumah.

Melansir Tabloid RUMAH edisi 80, keberadaan garasi ternyata penting karena juga akan mempengaruhi tampak muka bangunan.

Komposisi pagar perlu dibuat terpisah atau digabung dengan pintu masuk untuk manusia. Hal ini saja sudah menunjukkan kesetaraan dan saling saing dengan manusia.

Belum lagi karena Garis Sempadan Bangunan (GSB) yang perlu dihormati akan mempengaruhi pengaturan “driveway” sampai mencapai pintu garasi.

Ukuran Garasi Ideal

Lebar garasi mobil minimal 2,4 m, seperti persyaratan lebar parkir kota Jakarta dengan panjang 4,5 m. Yang paling nyaman 3 m x 6 m.

Garasi biasanya ada dalam kelompok area servis, dekat dapur kotor, ruang pembantu, ruang cuci dan jemur, karena itu diusahakan berdekatan.

Baca Juga: Akhirnya Dibocorkan Ahli, Begini Cara Buat Garasi dengan Ukuran Ideal, Pahami Pula Asap yang Akan Jadi Musuh Pemilik Rumah

Baca Juga: Pantas Masih Cekcok dengan Tetangga, Mulai Sekarang Terapkan Tips Ini Saat Bangun Garasi di Rumah

Akses ke area itu juga menjadi pertimbangan; agar efektif malah garasi menjadi juga sekalian jalan menuju ke area itu, karena biasanya ia berada di paling depan.

Gudang juga biasanya ada di dekat atau dalam garasi. Demi efisiensi sekarang ini, gudang diatur seperti lemari sepanjang garasi dengan kedalaman lemari 60 cm, tidak lagi seperti dulu perlu satu ruang khusus.

Luas tanah yang makin lama mengecil sesuai kemampuan daya beli mengharuskan IDEA lovers mulai memikirkan hal-hal esensial dalam mendesain program ruang.

Editor : iDEA

Baca Lainnya

PROMOTED CONTENT

Latest

Popular

Tag Popular