Follow Us

PT Onduline Manufaktur Mulai Bangun Pabrik Kedua di Pasuruan

Fathia Yasmine - Rabu, 05 Juli 2023 | 16:02
Jajaran manajemen PT Onduline meresmikan pemancangan pondasi pertama pabrik kedua Onduline di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER).
DOK. Onduline

Jajaran manajemen PT Onduline meresmikan pemancangan pondasi pertama pabrik kedua Onduline di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER).

IDEAonline - Jajaran manajemen PT Onduline Manufaktur bersama Pelaksana Harian (Plh) Bupati Pasuruan Abdul Mujib Imron dan jajaran manajemen Sucofindo meresmikan pemancangan pondasi pertama pabrik kedua Onduline di Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER), Pasuruan, Jawa Timur, Senin (3/6/2023).

Asia Pacific Director Onduline Olivier Guilluy mengatakan, pabrik baru tersebut nantinya akan memiliki kapasitas produksi yang lebih besar dan fasilitas mesin warna yang lebih lengkap.

Adapun langkah ini dilakukan Onduline sebagai bagian dari rencana ekspansi bisnis mereka ke Indonesia. Sebagai informasi, Onduline merupakan produsen atap bitumen asal Perancis yang beroperasi sejak 1950.

Di Indonesia, produksi atap bitumen akan dijalankan oleh anak perusahaan mereka, yakni PT Onduline Manufaktur Indonesia (OMI). Sementara proses distribusi akan dilakukan oleh PT Onduline Indonesia.

Baca Juga: Berisiko Retak Konstruksi dan Retak Rambut, Lakukan 4 Hal Ini Agar Dak Beton Tak Bocor!

Lewat pembangunan pabrik seluas 1,2 hektar ini, Onduline juga ikut mendukung program pemerintah akan penggunaan produk lokal, yakni melalui Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

“Kami mendukung penuh target pemerintah dalam peningkatan TKDN di Indonesia. Pada 2022, kami juga telah mengoperasikan pabrik pertama kami di Kawasan PIER,” ungkap Olivier dikutip dari rilis resmi, Selasa (5/7/2023).

Untuk mendukung TKDN, Direktur PT OMI Rama Krishnan menambahkan bahwa pihaknya telah menyerap sumber daya lokal agar dapat mencapai target nilai TKDN sebesar 50%.

“Ini adalah komitmen lanjutan sebagai bagian dari dukungan Onduline dalam mendukung program pemerintah dan mendukung kemajuan industri bahan bangunan di Indonesia. PT OMI menargetkan agar pabrik ini dapat beroperasi pada kuarta III 2024,” jelasnya.

Terkait produksi, Rama menjelaskan bahwa pabrik kedua ini akan digunakan untuk memproduksi atap lembaran bitumen bergelombang dengan merek Onduline Classic, Onduvilla, Onduline Tile, Duro 235 dan Onducasa, dengan target kapasitas produksi sebesar 2,52 juta meter persegi.

“Produk bitumen kami selalu diproduksi dengan teknologi terdepan dan bahan baku ramah lingkungan. Hasilnya, produk kami tidak memiliki kandungan metal dan asbes, memiliki perlindungan akustik yang baik, tidak mengandung karat dan korosi, serta ringan dan fleksibel sehinga cocok untuk daerah pesisir dan daerah rawan gempa,” ungkap Rama.

Editor : Sheila Respati

Latest